Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kakap

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kakap – Seperti apakah klasifikasi dan morfologi dari ikan kakap merah? Ikan kakap merah atau yang disebut juga dengan Lutjanus campechanus, merupakan spesies ikan air asin yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Ikan ini sendiri merupakan ikan yang terkategori khas atau hewan endemic yang berasal dari Kepulauan Riau dan cukup banyak dibudidayakan oleh masyarakat setempat guna memenuhi angka keperluan konsumsi masyarakat.

Habitat hidup yang ideal da juga sesuai bagi pertumbuhan ikan kakap merah ini bisa berupa lingkungan perairan dengan kondisi dasar kolam yang berbatu dan juga ditumbuhi oleh beragam jenis terumbu karang.

Ikan kakap merah ini memiliki badan yang lebar dan juga memanjang. Kepala dari ikan ini juga memiliki bentuk yang gepeng serta agak cembung dan sirip punggung memiliki beberapa ruas. Pada bagian bawah penutup insangnya, terdapat semacam gerigi-gerigi yang berkontur kasar. Ikan ini mempunyai gigi-gigi yang tersusun di dalam rahang dengan organ gigi taring yang berada di posisi rahang atas sebelah paling luar.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Mete

Ikan kakap merah sendiri termasuk kedalam jenis binatang karnivora. Ikan ini juga memangsa ikan-ikan kecil serta mahluk invertebrata yang hidup di dasar permukaan laut. Ukuran tubuh dari kakap merah dapat mencapai panjang maksimal hingga sepanjang 45-50 cm.

Ikan ini sendiri dinamakan ikan kakap merah karena ikan kakap yang satu ini mempunyai sisik berwarna kemerah-merahan. Sedangkan untuk bagian tengah tubuhnya agak berkelir putih dan bercorak kemerahan. Lalu pada bagian punggung di atas garis rusuknya, juga terdapat corak garis kuning yang kemerahan.

Tempat tinggal ikan kakap merah terletak di daerah perairan asin yang beriklim tropis dan juga subtropis. Ikan ini umumnya hidup di lingkungan perairan yang berkarang sampai ke daerah pasang surut di muara. Beberapa spesies kakap bahkan lebih menyukai berada di dalam areal perairan tawar.

Dalam hidupnya, ikan kakap merah ini selalu membentuk gerombolan-gerombolan yang cukup besar. Ikan dewasa dari jenis ikan ini biasanya tinggal di dasar perairan yang dalamnya lebih dari 40-50 meter. Di perairan ini, lingkunganya terbilang mempunyai sedikit karang, tingkat salinitas 30-33 ppt, dan suhu air 5-32 °C.

Berikut ini kami sajikan klasifikasi ilmiah dari ikan kakap merah antara lain :

Kerajaanya : Animalia

Filumnya : Chordata

Kelasnya : Actinopterygii

Ordonya : Perciformes

Familinya : Lutjanidae

Genusnya : Lutjanus

Spesiesnya : Lutjanus campechanus

Baca Juga:

Bagaimana? Cukup jelas bukan penjelasan singkat tentang klasifikasi dan morfologi ikan kakap yang kami sajikan pada artikel singkat ini? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua ya. Terimakasih telah berkunjung, share info ini bila anda rasa cukup bermanfaat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme