Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kembung ( Rastelliger spp )

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Kembung ( Rastelliger spp ) – Ikan kembung merupakan jenis ikan laut yang termasuk kedalam genus Rastelliger dengan famili Scombridae. Ikan ini masih dalam satu kerabat dengan ikan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang dan makerel. Ikan kembung juga memiliki nama lain tergantung dengan wilayah mulai dari Ambon dikenal sebagai ikan lema atau tatare, Makasar dikenal dengan sebutan banyar atau banyara.

2

Selain itu, ikan ini juga termasuk kedalam ikan pelagis yang memiliki nilai ekonomis tinggi, sehingga menjadi salah satu komoditas yang penting bagi para nelayan yang ada di Indonesia. Ikan kembung ini dapat digunakan sebagai bahan olahan masakan, dalam bentuk kering ( ikan asin ) maupun dalam bentuk segar. Namun, untuk menentukan klasifikasi dan taksonomi ikan kembung ini dapat dilakukan berdasarkan tingkatannya sebagai berikut :

Klasifikasi ikan kembung

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Scombridge

Genus : Rastrelliger

Spesies : Rastrelliger brachysoma ( kembung perempuan ) , Rastrelliger faughni ( kembung ), Rastrelliger kangurta ( kembung lelaki )

Morfologi ikan kembung

Secara umumnya, ikan kembung ini memiliki bentuk tubuh ramping dan panjang kelapa lebih tinggi dari kepala. Bagian tubuh di tutupi dengan sisik halus dan sokselet dibagian belakang sirip dada, dan terdapat selaput lemak pada kelopak bagian mata. Lapisan insang tampak terlihat jelas bila mulut dibuka dengan jumlah mencaai 30-46 buah, sisik pada rusuk berjumlah 120 – 150 buah, sirip punggung kedua berjari-jari eras dengan jumlah 10 buah dan sirip punggung lemah berjari – keri lemah berjumlah 11-12  serta sirip dubur berjari – jari lemah berjumlah 11-12 buah.

Ikan kembung ini memiliki warna kebiruan kehijauan dibagian atas dan bagian bawah berwarna putih kekuningan. Dua garis hitam dibagian punggung, satu garis hita, dekat sirip dada dan bagian badan berwarna gelap memanjang diatas garis rusuk.  Bagian sirip punggung memiliki warna abu – abu kekuningan, sirip ekor dan dada kekuningan.  Ikan ini memiliki panjang maksimum 35 cm dengan panjang rata – rata mencapai 20 – 25 cm.

Baca juga :

Tambahan  : Perlu diketahui bahwa ikan kembung memiliki tiga jenis varietes yang ada di perairan Nusantara mulai dari Rastrelliger brachysoma ( kembung perempuan ) , Rastrelliger faughni ( kembung ), Rastrelliger kangurta ( kembung lelaki ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme