Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lau Han (Amphilphus trimaculatus)

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lau Han (Amphilphus trimaculatus) –  Ikan Lau Han (Flowerhorn) adalah salah satu jenis ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium, karena memiliki warna tubuh yang indah dan menarik, serta memiliki ciri khas benjolan di bagian kepala. Ikan Lau Han, habitat aslinya di Malaysia dan Taiwan, namun saat ini banyak ditemukan dan dipelihara oleh pengemar ikan di seluruh dunia.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Ikan Belida (Chitala lopis)

Ikan Lau Han memiliki nama latin/ilmiah Amphilophus trimaculatus,  termasuk dalam suku Cichildae, dengan ordo Perciformes. Lebih lengkapnya berikut klasifikasi dan morfologi ikan lau han adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Ikan Lau Han

Klasifikasi ilmiah ikan lau han, umumnya adalah sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Perciformes

Famili: Cichlidae

Genus: Amphilophus

Spesies: Amphilophus trimaculatus

Morfologi Ikan Lau Han

Morfologi ikan lau han dapat ditentukan berdasarkan ciri-ciri ikan lau han, yaitu sebagai berikut:

Ciri yang dominan, ikan lou han memiliki benjolan atau jenong dibagian kelapa. Warna ikan lau han beragam jenis, misalnya berwarna merah dominan, merah muda, orange, biru, bercak hitam dan kombinasi lainnya. Selain itu, memiliki bentuk badan persegi, agak bulat dan memiliki ekor pendek.

Ikan lau han juga dominan, memiliki mata bulat dan dilingkari berwarna merah. Selain itu, memiliki sirip lunak dan agak melebar, semakin tua ikan lau han sirip akan berbentuk kuncup. Mulut ikan lau han identik lebih munyong dan tebal.  Perbedaan ikan lau han jantan dan betina, juga dapat dilihat berdasarkan alat reproduksi, betina berbentuk bulat bila ditiup akan terbuka dan alat reproduksi berbentuk lonjong dan tampak lebih menonjol.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lau Han (Amphilphus trimaculatus. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

 

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme