Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Jamur Kuping

Klasifikasi dan Morfologi Jamur Kuping – Jamur kuping adalah salah satu jenis jamur pangan yang banyak dikenal dan sudah populer dikalangan masyarakat. Jamur ini sudah menyebar keberbagai daerah hingga Internasional, bahkan juga sudah menduduki pangan urutan keempat.

1

Jamur ini disebut jamur kuping karena tubuh buanya melebar seperti daun telinga manusia ( kuping ). Jamur kuping memiliki nama daerah atau lokal yang sering didengar diantara supa lember ( sunda ), kuping lowo ( Jawa), dan kuping tikus. Selain itu, orang asing juga memiliki sebutan yang berbeda – beda diantaranya mouleh ( Cina ), yung-ngo ( Taiwan ), Mu-er, mo-er ( Vietnam), Mokurage, senji, arage ( jepang ), dan Tree-ar –fungi ( Amerika serikat ).

Klasifikasi jamur kuping

Kingdom : Fungi

Filum : Basidiomycota

Kelas : Basidiomycetes

Ordo : Auriculariales

Famili : Auricularaceae

Genus : Aurivularia

Spesies : Auricularia auricula-judae

Morfologi jamur kuping

Jamur kuping memiliki buah berwarna coklat tua kemerahan dan berbentuk dengan daun telinga manusia, bertekstur kenyal dan tumbuh dialam dibatang pohon mati yang lembab dan basa. Jamur ini juga merupakan salah satu kelompok jelly fungi dan mempunyai tekstur jelly yang unik

Jamur ini dapat tumbuh secara alami, melakat pada poho yang masih hidup maupun yang sudah mati, daerah tropis dan sub tropis. Tubuh jamur kuping ini terdiri dari tudung, yang berwarna hitam, berukuran sedang dengan diameter 5-20 cm, tumbuh saling tumpang tindih, lunak dan tidak dapat mudah membusuk. Sebagian besar jamur kuping tidak mempunyai tangkai, tudungnya langsung melekat pada subtrat dan tubuh buahnya sperti gelatin, pada permukaan bawah tudung terdapat pori – pori yang berisi basidiospora.

Selain itu, miselium jamur kuping bersekat dan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu miselum primer ( yang mempunyai inti sel satu ) dan miselium sekuder ( yang mempunyai inti sel dua ). Perlu diketahui juga, jamur ini dapat berreproduksi secara vegetatif dan generatif.

Baca juga :

Itulah klasifikasi, morfologi, deskripsi dan ciri – ciri jamur kuping semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme