Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Lidah Mertua ( Sansevieria )

Klasifikasi dan Morfologi Lidah Mertua ( Sansevieria ) – Lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang tergolong dalam tanaman hias yang sangat dikenali dan juga populer dikalangan berbagai masyarakat. Tanaman ini biasanya di tanam di pekarangan rumah maupun di dalam rumah dengan menggunakan pot. Tanaman lidah mertua ini memiliki bentuk daun memanjang dan berwarna hijau bintik putih, dengan ujung runcing, keras dan tumbuh tegak keatas. Selain itu, tanaman lidah mertua ini juga memiliki kandungan yang sangat berperan penting untuk kesehatan juga terutamanya menyuburkan rambut, mengobati diabetes, dan juga resiko penyakit kanker.

1

Secara umumnya, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan kurang air, lembab dan juga basah akan tetap tumbuh dengan baik. Sedangkan secara sistematisnya tanaman lidah mertua ini dapat di bedakan berdasarkan anatomi, klasifikasi dan morfologi sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Lidah Mertua

Kingdom : Plantae

Sub kingdom : Trachebionta

Divisi : Magniliophyta

Super divisi : Spermatophyta

Kelas : Liliopsida

Sub kelas : lilidae

Ordo : Lilliales

Famili : Agavaceae dan Ruscaceae

Genus : Sansevieria

Spesies : Sansevieria Thunb, Sansevieria terifasciata, Sansevieria ehrenbergii, Sansevieria hyacinthoides dan Sansevieriaculindrica.

Morfologi Tanaman Lidah Mertua

1. Akar

Tanaman lidah mertua ini memiliki perakaran rimpang yang tumbuh denga horizontal, memiliki warna kekuningan hingga kecoklatan dengan menebus kedalaman mencapai 60-100 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang di tanami.

2. Daun

Tanaman lidah mertua ini memiliki daun berbentuk mengaris yang menyempit pada bagian pangkal hingga ujung daun yang meruncing. Daun tanaman ini memiliki kandungan serat dan juga memiliki tekstur lendir dan keras bagian permukaan dasarnya.  Selain itu, daun ini juga dapat membantu meningkatkan kadar air sehingga tanaman ini dapat bertahan lama jika kekurangan air atau lahan kekeringan. Daun ini memiliki warna hijau mudah hingga tua disertai dengan adanya bintik – bintik keputihan yang tidak beraturan.

3. Bunga

Tanaman ini juga memiliki bunga yang tersusun  dari beberapa tandan yang memiliki tangkai panjang dibagian ujung akar rimpang. Bunga ini tumbuh dengan baik di bagian ketiak daun pelindung dan anakan bunga ini memiliki ruas – ruas dengan panjang mencapai 6-8 mm. Bunga ini juga memiliki benagan sari berjumlah 6 dan juga tangkai putik berbentuk bulat dan juga rata.

4. Biji

Tanaman ini juga memiliki bakal buah yang akan memiliki biji tiap ruangnya, dalam satu ruang terdapatbiji sekitar 1 – 3 buah yang memiliki bentuk bulat, memanjang, dan juga memiliki warna kecoklatan hingga kehitaman kusam. Biji ini dapat di perbanyak dengan menggunakan penanaman atau persemaian biji yang berkualiatas untuk menghasilkan tanaman lidah mertua yang bagus.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Katak ( Rana pipiens )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme