Klasifikasi dan Morfologi Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcate)

Klasifikasi dan Morfologi Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcate) – Palem Ekor Tupai  merupakan salah satu tanaman jenis endemic, yaitu tanaman yang bisa ditemukan disebuah wilayah geografis tertentu atau tempat tentu. Banyaktumbuh di kebun El-Orman, Giza, Mesir, Australia dan ditemukan di Queensland utara.

Baca: Morfologi Tanaman Euphorbia

Penyebaran palem ekor tupai ini banyak di sebarkan, terutamnya di Indonesia yang digunakan sebagai tanaman hias, tanaman bahan obat-obatan seperti antikanker, antioksidan, hepatoprotektif, antijamur, antibakteri (Patlolla et al., 2012).

Klasifikasi Tanaman Palem Ekor Tupai

Klasifikasi ilmiah, tanaman palem ekor tupai menurut Irvane (1983), sebagai berikut:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Filum: Tracheophyta (Tumbuhan berpembulu)

Kelas: Liliopsida (Berkeping tunggal/monokotil)

Ordo: Arecales

Famili: Arecaceae (palem-paleman)

Genus: Wodyetia

Spesies: Wodyetia bifurcate Irvine

Morfologi Tanaman Palem Ekor Tupaim

Morfologi, dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri umum palem ekor tupai yang dimiliki, seperti Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah. Berikut penjelasanya:

1.Akar

Akar tanaman palem ekor tupai memiliki system perakaran serabut. Radikula pada bibit tumbuh kea rah bawah selama 6 bulan secara terus menerus dan panjang akar mencapai 15 cm. Akar primer akan terus berkembang, akar ini akan bercabang menjadi akar sekunder ke atas dan ke bawah. Akar ini tidak berbuku ujungnya runcing dan berwarna putih atau keabu-abuan.

2.Batang

Batang tanaman palem ekor tupai memiliki batang tunggal, tegak dan tingginya sampai hingga 15 m, diameter hingga 25 cm, ruas terlihat jelasa dan berwarna abu-abu.

3.Tajuk Pelepah

Tajuk pelepah tanaman palem ekor tupai berwarna hijau cerah agak putih ke abu-abuan, memiliki panjang sekitar 8-120 cm, dan berdiameter 30 cm, serta setiap tajuk terdiri atas 6-10 daun.

4.Daun

Daun tanaman palem ekor tupai memiliki daun majemuk, karena memiliki anak daun, daun memanjang, ujung daun runcing, pangkal daun berbentuk bundar, susunan tulang daun berbentuk menyirip, yaitu satu ibu tulang daun membujuk pada tengah daun, dari pangkal sampai ujung daun, sedangkan anak daun bertulang daun sejajar. Tepi daun rata, daun berwarna hijau muda hingga tua.

5.Bunga

Bunga tanaman palem ekor tupai memiliki bunga sempurna, yaitu bunga jantan dan bunga betina. Bentuk bunga jantan lonjong memanjang dengan ujung kelopak agak meruncing dengan garis tengah lebih kecil sedangkan bentuk bunga betina agak bulat dengan ujung kelopak agak rata serta garius tengah bunga agak tebal. Penyerbukaan dilakukan dengan cara uniseksual atau biseksual.

6.Buah

Buah tanaman palem ekor tupai berbentuk bulat, berwarna merah jingga, berdiameter sampai 3,7 cm dan berbiji satu. Buah pada bagian luar dilapisi oleh kulit yang tebal, dengan permukaan yang kerak dan licin.

Baca juga:  Morfologi Bunga Cempaka Putih

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcate). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. TERIMA KASIH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *