Klasifikasi dan Morfologi Pohon Cemara Kipas (Platyladus orientalis L.)

Klasifikasi dan Morfologi Pohon Cemara Kipas (Platyladus orientalis L.) – Tanaman cemara merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan didataran tinggi dan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tanaman cemara ini termasuk kedalam suku Casuarinaceae, Casuarinaceae, yang memilliki kurang lebih dari 70 jenis.

Tanaman ini pertama kali disebarkan di Benua Amereika, kemudian ke Siberia sampai ke Filipina. Lalu penyerabaran sangat luas hampir menyebar kesuluruh belahan bumi. Salah satu jenis cemara yang banyak dikenal di Indonesia adalah cemara kipas yang banyak ditemukan di dataran medium, lembab, dan tumbuh secara liar di hutan yang memiliki kadar air cukup tinggi. Kunjungi juga website; cekkembalicom

Klasifikasi Cemara Kipas

Klasifikasi cemara kipas atau nama latin cemara kipas, adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Sub Kingdom: Viriplantae

Infra Kingdom: Streptophyta

Super Divisi: Embryophyta

Divisi: Tracheophyta

Sub Divisi: Spermatophytina

Kelas: Pinopsida

Ordo: Pinales

Family: Platyladus Spach

Spesies: Platyladus orientalis L. Franco

Morfologi Cemara Kipas

 Morfologi atau ciri ciri  cemara kipas dapat dilihat dari akar, batang, daun, bunga dan buah, berikut penjelasannya:

1. Akar

Akar tanaman cemara memiliki perakarang tunggang, memiliki warna putih kotor atau kekuningan dan digunakan untuk menyerap unsur hara tanah dan air.

2. Batang

Batang tanaman cemara memiliki batang berdiri tegak, bulat, permukaaan kasar, berwarna cokelat dan memiliki percabangan yang sangat banyak. Batang pada tanaman cemara ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pagar, kayu perahu dan sebagainya.

3. Daun

Daun tanaman cemara memiliki daun majemuk, berwarna hijau, memiliki bentuk seperti kipas, dan terdapat jarum jarum yang tumpul.

4. Bunga

Bunga tanaman cemara termasuk kedalam golongan bunga tunggal dan berumah satu. Bunga betina berbentuk seperti lonceng dan terletak di dasar cabang, sedangkan bunga jantan berbentuk seperti cawan bercanggap dua dan terletak di bagian ujung cabang. Penyerbukan dilakukan dengan alami maupun bantuan dari hewan sekitar.

5. Buah

Buah cemara memiliki buah kotak yang berbentuk bulat dan keras, setiap kotak memiliki jumlah biji yang sangat banyak. Selain itu, buah kotak ini terdiri dari beberapa daun buah, dan ukuran dari buah ini berkisar 5 mm – 8 mm berwarna cokelat. Untuk biji buah ini memiliki bentuk bulat pipih, dan berwarna kecokelatan. Kunjugi juga website: cekkembalicom

Itulah informasi mengenai Klasifikasi dan Morfologi Pohon Cemara Kipas (Platyladus orientalis L.).  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat serta menambah wawasan anda dalam pengenalan pohon cemara kipas. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *