Ilmu Pengetahuan Lengkap

Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Pohon Gaharu (Aqualaria malaccensis)

Klasifikasi dan Morfologi Pohon Gaharu (Aqualaria malaccensis) – Pohon gaharu adalah jenis tanaman hutam yang banyak dikembangkan dengan teknik kultur jaringan. Pohon gaharu masih termasuk dalam keluarga Thymeleaceae, jenis ini banyak ditemukan di Negara Banglades, Bhutan, Iran, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Indonesia, lebih tepatnya di Sumatra Utara.

Baca: Karakteristik Kambing Gembrong

Pohon gaharu ini biasanya dimanfaatkan sebagai produk rempah-rempah, campuran parfum dan setanggi dan juga bisa dibuat sebagai minyak atsiri.

Klasifikasi Gaharu

Klasifikasi ilmiah gaharu, menurut Tarigan (2004) adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Sub Divisi: Angiospermae

Kelas: Dikotiledoneae

Sub Kelas: Dialypetale

Ordo: Myrtales

Family: Thymeleaceae

Genus: Aquailaria

Spesies: Aquailaria malaccensis L.

Morfologi Gaharu

Morfologi atau ciri-ciri pohon gaharu dapat dilihat dari batang, daun, bunga, buah dan biji. Berikut penjelasannya:

1.Batang

Batang gaharu berbentuk bulat, dengan ketinggian mencapai 40 meter, berdiameter mencapai 60 cm, permukaan halus, warna keputih-putihan, kadang beralur dan kayunya agak keras.

2.Daun

Daun gaharu adalah daun tunggal, berbentuk lonjong memanjang, panjang 5-8 cm, pangkal ujung runcing dan kadang berekor dengan panjang 1 cm, berwarna hijau dan terdapat bintik berwarna putih.

3.Bunga

Bunga gaharu terdapat diujung ranting, ketiak daun, kadang-kadang juga ditemukan di  bawah ketiak daun, berbentuk lancing, panjang sampai 5 mm. Bagian mahkota lebih panjang dari benang sari, berukuran 1-1,5 mm, kepala sari 0,5 mm, dan bakal buah memiliki bulu tebal dengan kepala putik berbentuk bulat.

4.Buah

Buah gaharu berbentuk bulat telur, tertutup rapat oleh rambut halus berwarna merah, biasanya memiliki panjang 4 cm, lebar 2,5 cm, kulir keras, berwarna coklat dan berbaldu, mengandung 3-4 biji benih dalam satu buah.

Baca juga: Karakteristik Kambing Kosta

Demikianlah informasi tentangKlasifikasi dan Morfologi Pohon Gaharu (Aqualaria malaccensis). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, serta menambah wawasan anda. TERIMA KASIH.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fredikurniawan.com © 2019 Frontier Theme