Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Rumput Raja ( King Grass )

Klasifikasi dan Morfologi Rumput Raja ( King Grass ) – Rumput raja atau disebut dengan rumput kalanjana ini berasal dari Afrika Selatan, Rumput raja ini merupakan sebuah hasil dari perkawinan silang antara rumput gajah dengan rumput pennisetum tydoides Burn. Sehingga rumput raja ini hampir menyerupai dengan rumput gajah.

2.1

Sumber gambar : 1qurban.com

Bukan hanya itu saja, rumput raja juga memiliki keunggulan yaitu dapat ditanam dengan mjdah, dengan ketinggian hingga 1500 m dpl, mudah beradaptasi, tumbuh dengan cepat dan produksi yang dihasilkan lumayan tinggi. Berdasarkan sistematikan taksonomi dari rumput raja dapat di klasifikasi adalah sebagai berikut :

Klasifikasi rumput raja


Kingdom : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Sub Divisio : Angiospermae

Kelas : Monocotyledonae

Ordo : Poales

Famili : Graminae

Genus : Pennisetum

Spesies : Pennisetum purpuroides ( Stein, 1988 ).

Morfologi rumput raja


Rumput raja termasuk tanaman yang berumur panjang, tumbuh dengan tegak, berbentuk rumpun, perakaran dalam dan tinggi mencapai 4 meter. Rumput ini memiliki batang tebal dan keras, dan setelah tua daun akan melebar dan panjang dimana tulang daunnya keras. Rumput raja memiliki batang yang keras dengan daun berbulu kasar serta memiliki bercar berwarna hijau muda.

Penanamn rumput raja dapat di lakukan dua macam yaitu stek dan sobekan, menurut penelitian dari Siregar ( 1988 ) menunjukan bahwa batang yang digunakan untuk stek sebaiknya berumur cukup tua yaitu berumur delapan bulan, panjang tek 25 – 30 cm dan memiliki mata tunas. Bila menggunakan sobekan rumpun, maka pilihlah rumput yang masih mudah yang tingginya antara 20 – 25 cm.

Kandungan nutrisi rumput raja 


2.1

Sumber gambar : ilmuternak.com

Baca juga :

Itulah tentang klasifikasi dan morfologi rumput raja semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme