Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel – Tanaman Apel ( Malus sylvestris Mill ) Merupakan salah satu tanaman yang paling populer di manapun. Tanaman apel ini memiliki banyak warna dari warna hijau dan kemerahan.  Berikut klasifikasi dan morfologi tanaman apel sebagai berikut.

1

Klasifikasi Tanaman Apel

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiosperma

Kelas : Dicotyledonae

Ordo : Rosales

Famili : Rosaceae

Genus : Malus

Species : Malus sylvestris Mill

Morfologi Tanaman Apel

a. Akar

Tanaman apel memiliki akar tunggang yaitu akar bawah tegak luru ke dalam tanah. berfungi untuk menyokong tanaman, meyerap unsur hara tanah.

b. Batang

Tanaman apel memiliki batang berkayu keras dan kuat. Tanaman ini memiliki kulit yang tebal, berwarna mudah, kecoklatan hingga kuning dan keabu-abuan.

c. Daun

Tanaman apel memiliki bentuk loong dan oval, memiliki ujung yang runcing. Dan memiliki dauan tumpul dan tepi daunnya bergerigi.

d. Bunga

Tanaman apel memiliki bungan bertangkai pendek, menghadap ketas, berdandan dan pada tiap tandan bunga memiliki 6-7 bunga. Bunga pada tanaman ini tumbuh di ketiak daun , mahkota bungan berwarna putih dan kemarahan.

e. Buah

Tanaman apel memiliki buah yang sangat bervariasi yaitu hijau, merah, dan juga kemaraha  dengan bentuk oval atau bulat. Buah pada apel memiliki kulit tipsi  dan kasar serta memiliki pori-pori yang besar. Namun , setlah matang sempurna akan menjadi mengkilat dan juga halus permukaan buah.

Baca juga : Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Apel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme