Ilmu Pengetahuan Lengkap

Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Flamboyan (Delonix regia)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Flamboyan (Delonix regia) Tanaman Flamboyan (Delonix regia)  merupakan jenis tanaman berbunga dalam family fabeceae, yang ditanam sebagai pohon hias dan pohon pelindung. Kata Delonix  berasal dari Yunani delos, berarti mencolok dan oniyx, berarti cakar. Sehingga pohon ini dapat diartikan sebagai bunga yang mencolok dan bentuk mahkota bunganya seperti cakar.

Baca: Klasifikasi Palem Ekor Tupai

Tanaman Flamboyan, dalam bahasa Inggris dikenal dengan Royal Poinciana atau Flamboyant, di India dikenal dengan nama Gulmohar.  Adapun nama etnik lainnya tanaman flamboyan adalah sunkervara, mayarum, atau shima sankesula, sedangkan nama berasal dari bahasa Prancis yaitu Fleur de paradis dan flamboyant dan flamboyant nama ini yang banyak juga dikenal oleh masyarakat Indonesia (Syarifa, 2006).

Klasifikasi Tanaman Flamboyan

Klasifikasi ilmiah tanaman flamboyant, menurut Cronquist (1981) sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Fabales

Famili: Fabaceae

Sub Famili: Caesapinioideae

Genus: Delonix

Spesies: Delonix regia (Hook) Raf.

Morfologi Tanaman Flamboyan

Morfologi flamboyant, dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri flamboyant seperti akar, batang, daun, bunga, dan buah.

1.Akar

Akar tanaman flamboyan merupakan akar tunggang, yang tumbuh kedalam tanah menjadi akar pokok kemudian memiliki percabangan kecil, panjang akar mencapai 20-25 meter, berdiameter mencapai 2-3 m dan berwarna abu-abu kecoklatan.

2.Batang

Batang tanaman flamboyan tumbuh tegak, dengan ketinggian mencapai 10-15 cm, berbentuk bulat, permukaan lampang, dan memiliki percabangan monodial.

3.Daun

Daun tanaman flamboyan adalah daun majemuk menyirip rangkap dua dengan panjang mencapai 70 cm, anak daun 20-40 dengan helaian daun yang sangat banyak, bentuk bulat telur dengan panjang 8-10 mm dan ujungnya tumpul.

4.Bunga

Bunga tanaman flamboyan memiliki bentuk besar dengan panjang 7-10 cm, berwarna merah terang, merah tua atau jingga, terletak diterminal atau aksilar dalam malai yang besarm mahkota memiliki tepi bergerigi, mahkota bagian atas memiliki corak putih atau kuning: stamien berjumlah sepuluh dan berwarna merah.

5.Buah dan Biji

Buahnya berbentuk polong pipih, panjangnya 30-50 cm dan berkayu ketika masak, biji banyak dan berbentuk bulat telur.

Baca juga: Klasifikasi Euphorbia

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Flamboyan (Delonix regia). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. TERIMA KASIH.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fredikurniawan.com © 2019 Frontier Theme