Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gambas (Oyong)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gambas (Oyong) –  Tanaman Oyong (Gambas) merupakan tanaman sayuran yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam olahan masakan. Tanaman gambas dari suku Cucurbitaceae (Labu-labuan), berasal dari India kemudian menyebar keberbagai negara yang beriklim tropis.

Baca: Klasifikasi Gaharu

Klasifikasi Tanaman Gambas

Menurut Herbarium Bogoriense (2015), taksonomi tanaman oyong (gambas) adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatohyta

Sub Divisi: Angiospermae

Kelas: Dicotyledoneae

Ordo: Cucurbitales

Famili: Cucurbitaceae

Genus: Luffa

Spesies: Luffa acutangula (L) Roxb.

Morfologi Tanaman Gambas

Morfologi atau ciri-ciri tanaman gambas, dapat dilihat dari batang, daun, bunga dan buah. Berikut penjelasannya:

1.Batang

Batang tanaman gambas berbentuk segi lima, lunak, tumbuh merambat atau menjalar serta mempunyai sulur yang digunakan sebagai alat untuk merambat. Sulur muncul dari ketiak daun, berbentuk spiral dan mempunyai bulu yang lebih panjang dari pada bulu-bulu batang.

2.Daun

Daun tanaman gambas tunggal berwarna hijau tua, berbentuk lonjong (silindris) dengan pangkal mirip bentuk jantung, puncak daun meruncing dan permukaan daun kasar. Daun berukuran panjang 10-25 cm dan bertangkai sepanjang 5-10 cm, tulang daun menonjol pada permukaan bawah.

3.Bunga

Bunga tanaman gambas berkelamin satu (monoecus), yaitu bunga jantan dan betina yang terdapat pada satu tanaman. Bunga berwarna kuning, penyerbukan dilakukan sendiri (self pollination) dan dilakukan dengan penyerbukaan silang (cross pollination).

4.Buah

Buah berbentuk seperti belimbing  berukuran panjang 15 cm – 60 cm, lebar 5 cm – 12 cm dengan diameter 5 cm – 8 cm. tiap buah memiliki biji banyak dan tiap biji berukuran 11-13 mm x 7-9 mm dengan struktur kulit agak keras. Buah yang tua berwarna hijau kecoklatan hingga kuning coklat, dan kulit biji berwarna hitam.

Baca juga: Klasifikasi Kapulaga

Demikianlah informasi tentang  Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gambas (Oyong), semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat serta menambah wawasan anda. TERIMA KASIH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *