Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jahe Merah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jahe Merah – Tanaman jahe merah di sebut “ Zingger offcinale Rosc ” merupakan tanaman obat dan rempah berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Tanaman ini berasal dari Asia Pasifuik yang menyebar dari India sampai ke china. Oleh karena itu , negara ini yang pertama kali memanfaatkan jahe sebagai minuman obat dan herbal , bumbu masak dan lainnya.

1

Tanaman jahe sudah menyebar luas ke berbagai dunia terutamanya Asia yaitu indonesia banyak sekali yang membudidayakan tanaman ini, karena banyak memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Namun, untuk lebih jelasnya lihat klasifikasi dan morfologi tanaman jahe.

Klasifikasi Tanaman Jahe Merah

Divisi : spermatophyta

Sub Divisi : Angiospermae

Kelas : Monocotyledoneae

Famili : zingiberales

Genus : Zingiber

Species : Zingiber officinale Rosc

Morfologi Tanaman Jahe Merah

Tanaman jahe merupakan tanaman tahunan, berbatang semu, dan berdiri dengan tegak dengan ketinggian mencapai 0,75 m. secara umumnya tanaman jahe terdiri dari atas akar, rimpang, batang, dauan, dan bunga.

a. Akar

Tanaman ini memiliki akar tunggal yang semakin membesar sesuai dengan pertumbuhannya atau umurnya, hingga membentuk rimpang serta tunas yang akan tumbuh menjadi tanaman baru. Akar tanaman tumbuh dari bagian rimpang sedangkan tunas tumbu dari bagian atas rimpang. Akar tanaman ini memiliki warna kecoklatan jika sudah menjadi rimpang menjadi kemerahan atau sesuai dengan variaetes.

b. Batang

Tanaman jahe memiliki batang semu yang tumbuh tegak, berbentuk bulat pipih, tidak memiliki cabang  terseusun ruas, dan pelapah daun saling menutup sehingga membentuk seperti batang. Bagian luar batang licin dan mengkilap, serta banyak mengandung air, berwrna hijau pucatm bagian pangkal berwarna kemarahan.  Batang bagian bawah tanah berdagingm bernas , berbuku-buku, dan memilki struktur yang bercabang.

c. Rimpang jahe

Tanaman jahe memiliki rimpang jahe yang tidak beraturan, bagian luar di tutupi dengan daun yang terbentuk sisik tipis, tersusun melingkar. Rimpang merupakan bagian tanaman jaeh yang memiliki manfaat yang besar dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Rimpang tanaman jahe memiliki warna yang sangat bervariasi dan beragam berupa warna putih, kemerahan dan kekuningan. Tergantung dengan varietes.

d. Bunga

Tanaman jahe memiliki bunga yang terletak di bagian ketiak daun pelindung. Bentuk bungan jahe sangat bervariasi : panjang, bulat telur, lonjong, runcing atau tumpul dan lainnya. Bunga ini memiliki ukuran 2-2.5 cm dan lebar 1-1.5 cm. Bunga tanaman jaeh memiliki panjang 30 cm berbentuk spika, bungan berwrna putih kekuningan dengan bercak ungu merah.

Baca juga : Cara Budidaya Jahe Merah di Dalam Polibag ( Karung )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme