Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kapulaga (Amomum compactum)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kapulaga (Amomum compactum)   Kapulaga merupakan salah satu tanaman dari keluarga Zingiberaceae, yang berasal dari pegunungan Malabar, pantai barat India. Tanaman ini juga dapat ditemukan di Srilanka, Thailand, dan Guatelama serta Indonesia.

Baca: Klasifikasi Tanaman Belimbing Wuluh

Di Indonesia tanaman kapulaga dikenal berbagai sebutan, Roude cardemon (Aceh), Kalpulaga (Melayu), Pelage puwar (Minangkabau), Palago (Sunda), Kapulaga (Jawa), Kapulaga (Madura), Kapolagha (Bali, dan gandimong (Bugis).

Klasifikasi Kapulaga      

Klasifikasi ilmiah kapulaga, menurut Backer dkk. (1986) adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Zinggiberales

Famili: Zinggiberaceae

Genus: Amomum

Spesies: Amomum compactum Soland ex Maton

Morfologi Kapulaga

Morfologi atau ciri-ciri tanaman kapulaga, dapat dilihat dari batang, daun, bunga, buah dan biji adalah sebagai berikut.

1.Akar

Akar kapulaga asdalah akar rimpang yang bebentuk bulat menjang atau tidak beraturan, seperti tanaman jahe,  berwarna putih kotor hingga kekuningan kotor.

2.Batang

Batang kapulaga disebut dengan batang semua, karena terbungkus oleh pelepah daun yang berwarna hijau, berbentuk bulat, tumbuh tegak, tinggi sekitar 1-3 m. Batang tumbuh dari rizome yang berada di bawah permukaan tanah, satu rumpun bisa mencapai 20-30 batang semua, batang tua akan mati dan diganti oleh batang muda yang tumbuh dari rizoma yang lain.

3.Daun

Daun kapulaga mempunyai daun tunggal yang tersebar, berbentuk lanset, ujung runcing dengan tepi rata, pangkal daun berbentuk runcing dengan panjang 25-35 cm dan lebar 10-12 cm, pertulangan menyirip dan berwarna hijau.

4.Bunga

Bunga kapulaga adalah bunga majemuk, berbentuk bonggol terletak di pangkal batang dengan panjang keliopak bunga 12,5 cm pada bagian kepala sari yang terbentuk elips dengan panjang 2 mm, tangkai putik tidak memiliki bulu, dan berbentuk mangkok. Mahkota berbentuk tabung dengan panjang 12,5 mm, berwarna putih atau putih kekuningan, mahkota berbuah kotak dengan biji kecil yang berwarna hitam.

5.Buah

Buah kapulaga  berupa buah kotak, berbentuk memanjang, berlekuk, bersegi tiga, agak pipih, kadang-kadang terdapat bulu halus, berwarna putih kekuningan atau kuning kelabu. Buahnya memiliki 3 ruang, setiap ruang dipisahkan oleh selaput tipis seteval kertas, tiap ruang berisi 5-6 biji kecil, berwarna coklat atau hitam beraroma harum khas.

Baca Juga: Klasifikasi Tanaman Kayu Manis

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kapulaga (Amomum compactum) . Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, serta menambah wawasan anda. TERIMA KASIH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *