Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kesemek

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kesemek – Tanaman kesemek merupakan jenis tanaman buah – buahan yang berasal dari negara Tiongkok, dan menyebar ke negara Jepang dan dikembangbiakan dengan baik. Tanaman kesemek ini menyebar dengan cepat pada tahun 1800-an dikembangkan di Eropa Selatan dan Amerika.

2

Buah kesemek ini menyebar luas hingga saat ini terutamanya di Asia Tenggara di Indonesia, Thailand, dan Malaysia banyak mengembang tanaman ini dengan baik juga.  Tanaman kesemak ini termasuk kedalam genus ( marga ) diospyros dengan ordo ericales yang memiliki batang yang keras dan panjang. Berdasarkan pengamatan dan penelitian tanaman kesemek ini dapat diklasifikasikan dan taksonomikan berdasarkan tingkatannya sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman kesemek

Kingdom : Plantae

Sub kingdom : Trachebionta

Super divisi : Spermatophyta

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Ericales

Famili : Ebanaceae

Genus : Diospryros

Spesies : Diospryros kaki Lf.

Morfologi tanaman kesemak

Tanaman kesemek ini memiliki ukuran kecil maupun sedang mencapai 5 m atau kurang, berbatang pendek dan bengkok – bengkok, memiliki percabangan banyak serta daun muda berguguran.  Daun tanaman kesemek ini tersusun selang – seling memiliki, bulat memanjang, bertangkai pendek, dan berwarna hijau kekuningan mengkilap.

Bunga kesemek ini memiliki dua kelamin jantan dan betina, bunga jantan memiliki malai yang pendek berisi 3-5 kuntum dan bunga betina soliter. Bunga tanaman kesemek ini tumbuh dengan baik pada ketiak daun, yang membentuk berbilangan empat.  Sedangkan buah kesemek berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat, berwarna hijau kekuning – kuningan hingga kemerahan.

Kandungan dan manfaat  buah kesemek 

Buah kesemek yang sudah matang dengan diameter sekitar 2-8 cm dapat dikonsumsi langsung maupun dilakukan pengelohan terlebih dahulu. Buah ini juga bisa diolah dengan cara mengeringkannya bertujuan untuk lebih mudah melakukan pengelolahan. Hasil pengelolahan buah kesemek ini seperti selai, agar – agar, es krim dan lain – lain.

Buah kesemek ini mengandung karbohidrat 19,6 %, terutamanya fruktosa, fruktosa dan protein serta vitamin A dan kalium. Selain, memiliki kandungan tersebut buah kesemek muda juga mengandung tanin yang dapat menimbulkan rasa sepat pada buahnya. Namun, zat tersebut sangat memiliki peranan penting untuk mengawetkan berbagai macam kerajinan tangan, membantu memproduksi arak beras jepang  dan bahan pengobatan penyakit hipertensi.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semanggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme