Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kopi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kopi –  Tanaman Kopi merupakan tanaman tahunan yang banyak di budidayakan dan dimanfaatkan sebagai minuman kopi. Buah dari kopi tersebut, akan diproses dan pengelolaan tertentu sehingga menjadi minuman yang sangat disukai.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Manggis

Tanaman kopi memiliki beberapa spesies, diantara Coffea arabica L, Coffea benghalensis B, Coffea canephora pierre, Coffea stenophylla G.Don, Coffea liberica W. Bull.  Namun jenis kopi yang banyak disukai adalah kopi dari jenis kopi arabika (Coffea arabica L) dan kopi robusta (Coffea canephora pierre).

Klasifikasi Tanaman Kopi

Klasifikasi kopi berdasarkan tingkatan taksonomi, umumnya adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Sub Kingdom: Viridiplantae

Super Divisi: Embryophyta

Divisi:  Tracheophyta

Sub Divisi: Spermatophytina

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Gentinales

Famili: Rubiaceae

Genus: Coffe L.

Spesies: Coffea arabica L, Coffea benghalensis B, Coffea canephora pierre, Coffea stenophylla G.Don, dan Coffea liberica W. Bull.

Morfologi Tanaman Kopi

Morfologi tanaman kopi terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah.

1. Akar

Tanaman kopi memiliki sistem perakaran tunggang yang tidak rebah, perakaran tanaman kopi relatif dangkal, lebih dari 90% dari berat akar terdapat lapisan tanah 0-30 cm (Najiyati dan Danarti, 2012).

2. Batang

Batang tanaman kopi merupakan tumbuhan berkayu, tumbuh tegak ke atas dan berwarna putih keabu-abuan. Pada batang terdiri dari 2 macam tunas yaitu tunas seri (tunas reproduksi) yang tumbuh searah dengan tempat asalnya dan tunas legitim yang hanya dapat tumbuh sekali dengan arah tumbuh membentuk sudut nyata dengan tempat aslinya (Arief dkk, 2011).

3. Daun

Daun berbentuk menjorong, berwarna hijau dan pangkal ujung meruncing. Bagian tepi daun bersipah, karena ujung tangakai tumpul. Pertulangan duan menyirip, dan memiliki satu pertulangan terbentang dari pangkal ujung hingga terusan dari tangkai daun. Selain itu, daun juga berombak dan tampak mengkilap tergantung dengan spesiesnya.

4. Bunga

Bunga pada tanaman kopi memiliki ukuran relatif kecil, mahkota berwarna putih dan berbau harum semerbak. Kelopak bunga berwarna hijau. Bunga dewasa, kelopak dan mahkota akan membuka dan segera mengadakan penyerbukan sehingga akan terbentuk buah. Waktu yang diperlukan terbentuk bunga hingga buah menjadi matang 8-11 bulan, tergantung dari jenis dan faktor lingkungannya (Direktorat Jendral Perkebunan, 2009).

5. Buah dan Biji

Buah tanaman kopi terdiri dari daging buah dan biji. Daging buah terdiri atas 3 bagian yaitu lapisan kulit luar (eksokarp), lapisan daging (mesokarp), dan lapisan kulit tanduk (endokarp) yang tipis dan keras. Buah kopi menghasilkan dua butir biji  tetapi da juga yang tidak menghasilkan biji atau hanya menghasilkan satu butir biji. Biji kopi terdiri atas kulit biji dan lembaga. Secara morfologi, biji kopi berbentuk bulat telur, berstekstur keras dan berwarna kotor (Najiyati dan Danarti, 2012)

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kopi.  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, terima kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme