Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya – Lidah buaya ( Aloe vera ) Merupakan tanaman yang sudah di kenal sejak lama di indonesia. Tanaman ini berasal dari china yang awalnya di gunakan sebagai tanaman obat dan penyembuh berbagai penyakit, seiring dengan perkembangan jaman tanaman ini sangat bermanfaat untuk berbagai hal terutamanya kecantikan, kesehatan dan juga bidang indrustrian. Klasifikasi dan morfologi tanaman ini tidaklah jauh berbeda dengan tanama lainnya, mari kita lihat ulasan berikut.

1

Klasifikasi Lidah Buaya

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Kelas : Monocotyledoneae

Ordo : Lilifrorae

Famili : Liliceae

Genus : Aloe

Species : Aloe Vera

Morfologi Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman sukulen berbentuk roset dengan ketinggian 30-60 cmdan berdiametr 60 cm. lidah buaya memiliki batang, daun, bungan dan akar. Namun, biasaya yang di gunakan tanaman ini adalah daunnya karena memiliki manfaat yang besar.

a. Batang

Batang tanaman lidah buaya berbentuk bulat dan bersifat monopidal. Batang tanaman ini sangat pendek dan tidak terlihat kerena tertutup dengan dauannya. Batang ini akan memunculkan tunas-tunas baru yang akan menjadi anakan baru pada tanaman.

b. Bunga

Bunga tanaman lidah buaya akan muncul apabila jika melakukan penanaman di subtropis. Pada saat musim hujan da semi bunga akan muncul dengan bentuk lonceng atau terompet berwana kung dan orange. Bunga ini berukuran 2,3-2,5 cm dan tumbuh di atas tangkai bunga yang memiliki ketinggian 1 meter.

c. Daun

Daun tanaman lidah buaya adaah daun tunggal, memiliki bentuk lanset dan ada tajinya. Daun pada tanaman ini sangat runcing dan juga ada yang tumpul. Ketebalan daun mencapai 1-2,5 cm dan bertulang, berwarna hijau mudah dan memiliki lapisan lilin di atas permukaan.

Baca juga :  Budidaya Tanaman Lidah Buaya Dengan Pot ( Polibag )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme