Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga – Mangga ( Mangifera spp. ) Merupakan tanaman yang dapat tumbuh di dataran rendah dan tinggi. Tanaman ini merupakan famili dari Anarcadiaceae yang dapat tumbuh dan berkembang dengan tegak dan bercabang. Tanaman mangga memiliki biji berkeping dua dan berwarna keputihan abu-abu, dan memiliki buah berwarna hijau, kuning, marag tergantung varietes. Berikut klasifikasi dan morfologi tanaman mangga.

1

Klasifikasi Tanaman Mangga

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyata

Sub Divisi : Angiospermae

Kleas Dicotyledon

Ordo : Sapindales

Famili : Anacardiacea

Genus : Mangifera spp.

Morfologi Tanaman Mangga

a. Akar

Tanaman mangga memiliki akar tunggang yang bercabang, memiliki panjang bisa mencapai 6 meter. Pemanjangan akar akan berhenti ketika sudah mencapai kepermukaan tanah. Namun, akar cabang kabawah relatif sedikit, paling banyak akar bisa mencapai kedalaman 30-60 cm.

b. Batang

Batang pada tanaman mangga berbentuk lurus, tegak , keras dan kuat. Memiliki kulit yang kasar dan tidak beraturan dan berwarna kecoklatan mudah bahkan kehijau yang diakibatkan oleh lumut .

c. Daun

Daun pada tanaman mangga memiliki warna hijau mudah dan hijau tua, dengan memiliki badan tulang  berurat, dan urat tertutup dengan daun. Bisanya daun memiliki ujung runcing, dan ada juga yang berbentuk tumpul. Tetapi tergantung dengan varietes pada tanaman mangga tersebut.

d. Bunga

Bunga pada tanaman mangga berbentuk majemuk yang berarti tumbuh dari tunas ujung. Bunga tersebut terjadi karena adanya penyerbukan pada bunga jantan dan bunga betina sehingga terjad pembuahan dengan bantuan angin dan sekitarnya. Warna bunga tanaman ini bervariasi ada yang berwarna kemerahan muda kuning dan hijau tergantung varietesya.

e. Buah

Buah tanaman mangga berbentuk bulat, lonjong dan oval .berwarna hijau tua, kekuningan dan juga berwarna hijau kekuningan ketika matang.  Buah mangga juga memiliki daging tebal dan berkulit tipis terkadang ada juga mangga yang berkulit tebal.

f. Biji

Biji pada tanaman mangga adalah berkeping dua dikotiledon, warna biji mangga berwarna putih keabu-abuan dan juga da yang berwarna abu-abu. Biji tersebut di di gunakan untuk penana,an berikutnya tergantung keinginan.

Baca juga:  Panduan Umum Budidaya Mangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme