Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya – Tanaman pepaya merupakan tanaman termasuk dalam family Caricaceae. Tanaman ini memiliki 4 genus yaitu carica, jarila, jacaranta dan cylicomorpha. Tetapi tanaman yang sering di budidayakan olah para petani adalah carica, karena dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat di bandingkan dengan genus yang lainnya.

1

Klasifikasi tanaman pepaya

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembulu )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliosida ( berkeping dua / dikotil )

Sub Kelas : Dilleniidae

Famili : caricaceae

Genus : Carica

Spesies : Carica papaya L

Morfologi tanaman pepaya

a. Akar

Akar tanaman pepaya berupa akar tunggang ( Radik primaria ), karena akar tembaga tumbuh terus menjadi akar popok bercabang menjadi akar yang lebih kecil berbentuk bulat dan berwarna putih kekuningan.

b. Batang

Batang tanaman pepaya berbentuk bulat , dengan permukaan batang berkas-berkas daun yang menyerupai spiral. Batang pada pepaya tumbuh tegak dan lurus serta memiliki rongga –rongga yang di akibatkan oleh pemutusan pada tangkai batang daun.

c. Daun

Daun pada tanaman pepaya merupakan daun tunggal, berukuran besar. Daun pada tanaman ini adalah daun berjari , bergigi dan juga mempunyai tangkai dauan yang panjang dan berwarna putih kekuningan.  Daun ini juga dikatakan berbentuk bulat, bundar, ujung runcing, dan memiliki rongga pada daun.

d. Bunga

Bunga pada tanama  pepaya memiliki 3 jenis ( poligam ) berupa bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna. Dengan memiliki ketiga ini akan menghasilkan bunga yang bagus atau sempurna. Bunga pepaya berwarna putih kekuningan, dan memiliki tangkai kecil, bagian atas runcing serta memiliki bagian tengah berkelopak.

e. Buah

Buah pada tanaman pepaya adalah buah tunggal atau sejati, buah pada tanaman ini bersisi biji yang banyak. Buah ini muncul pada ketiak tangkai daun berwarna hijau mudah, kekuningan dan kuning ketika matang. Buah ini memiliki daging kemerahan dan dagingnya sangat tebal.

f. Biji

Biji tanaman pepaya terdapat di dalam buah, biji dalam buah ini sangat banyak dan memiliki bentuk bulat atau bundar serta lonjong tergantung variatesnya. Biji tanaman pepaya memiliki warna kecoklatan dan kehitaman, selain itu biji ini bisa langsung di tanam ke dalam media tanam.

Baca juga:  Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme