Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawo

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawo – Tanaman sawo ( Manilkara kauki L ) merupakan salah satu jenis tanaman tahunan, yang berbuah tanpa ada musim. Tanaman sawo ini berasal dari Guetemala ( Amerika tengah ), meksiko dam hindia barat. Tanaman ini sudah menyebar keberbagai benua salah satunya asia yaitu indonesia yang di tanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1200 m dpl,  terdapat di jawa dan madura. Kerabat tanaman sawo dapat di bedakan dua jenis sawo hutan atau sawo liar dan sawo budidaya.

1

Untuk lebih jelasnya mengenai tanaman sawo, sebaiknya perhatikan ulasan berikut klasifikasi dan morfologi tanaman sawo.

Klasifikasi Tanaman Sawo

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiosperma

Kelas : Dicotyliedonae

Bangsa : Ebanales

Suku : Sapotaceae

Marga : Achras

Jenis : Achras zapota L ( Sugati dan johnny , 1991 )

Morfologi Tanaman sawo

a. Bunga

Tanaman sawo dapat dapat berbuah sepanjang tahun, memiliki batang besar dan rindang, dapat tumbuh dengan ketinggian 30-40 m bahkan lebih, bunga tunggal terletak di ketiak dauan dekat ujung ranting, bertangkai1-2 cm, kadang kali mengantung, berdiameter bunga sampai dengan 1,5 cm, berwran kecoklatan, kelopak biasanya tersusun dalam dua lingkaran yaitu mahkota bentuk genta, putih, berbagi sampai setenagh panjang tabung.

b. Daun

Tanaman ini memiliki daun tungal, terletak pada ujung ranting. Dauan memiliki tepi rat, sedikit berbulu , berwrna hijau tua mengkilap dan memiliki bentuk telur lonjong dan bulat keovalan.

c. Batang

Tanaman sawo memiliki batang berukuran besar dan juga ada yang kecil, berwarna kecoklatan muda dan tua, berbatang kasar, memiliki ukuran diameter sedang tergantung dengan varietes. Batang tanaman ini memiliki kandungan latek yang sangat tinggi, namun juga batang tanaman ini juga terdapat bercak atau garis kehitaman yang terdapat di batang utama atau cabang.

d.  Buah

Tanaman ini memiliki buah berbentuk lonjong, berwarna kecoklatan muda dan memiliki kulit yang sangat kasar. Ukuran buah tergantung dengan varietes dan pertumbuhan tanaman, terkadang buah ini memiliki ukuran 3-4 mm dan bahkan lebih. Buah ini memiliki biji yang sangat mengkilap, berwarna kehitaman lonjong, dalam satu buah memiliki biji 6-8 biji.

Baca juga : Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Sawo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme