Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ternak Kelinci

Klasifikasi dan Morfologi Kelinci ( Lepus nigricollis ) – Kelinci ( Lepus nigricollis ) merupakan kelompok hewan yang sangat populer dan di gemari masyarakat. Budidaya kelinci ini sangat mudah , bahkan juga pembuatan pakan pun sangat mudah. Kelinci termasuk dalam hewan mamalia ( Menyusui ), di karenakan mempunyai kelenjar susu.

1

Selain itu, jenis kelinci sangat beragam mulai dari kelinci potong ( konsumsi), kelinci hias dan kelinci penghasil bulu. Namun, setiap kelinci memiliki bobot yang hampir sama mencapai 1 – 7 kg tergantung dengan jenisnya. Kelinci ini memiliki struktur badan yang sangat sempurna mulai dari anatomi dan juga histologinya.

Klasifikasi Ternak Kelinci

Kingdom : Animalia

Phylum : Chordata

Subphylum : Mamalia

Class : Lagomorpha

Family : Leporidae

Genus : Lepus

Spesies : Lepus nigricollis

Morfologi Ternak Kelinci

Bagian tubuh kelinci di selimuti dengan bulu halus tetapi lebat, memiliki warna yang sangat bervariasi mulai dari warna hitam, kecoklatan, abu-abu, hitam putih, dan lain-lain. Bagian mata pada kelinci berwarna kemerahan, berbentuk bulat kelonjongan. Bagian hidung pada kelinci berbentuk silindris, mempunyai gigi seri di bagian depan berguna untuk memotong atau mengunyah rumput.

Telinga pada kelinci panjang, tegak dan menghadap kedepan. Telinga ini memiliki warna yang sama dengan bentuk tubuhnya. Sedangkan kaki pada kelinci memiliki dua pasang, satu pasang di bagian depan sangat panjang dan satu pasang di bagian belakang sangat pendek.

Panjang rata rata pada kelinci ini mencapai 50-60 cm bahkan lebih, kelinci mampu memproduksi 6-10 ekor per indukan. Usia memproduksi indukan jantan dan betina minimal 5-6 bulan, tergantung dengan varietes kelinci.

Kumis pada kelinci hampir menyerupai kucing, sangat halus dan juga pertumbuhan jarang. Kumis ini terdapat di sekitar bagian hidung kelinci tepatnya di bagian samping kiri dan kanan hidungnya. Kelinci ini juga memiliki ekor yang sangat pendek 2-4 cm, terkadang tampak dan tidak.

Baca juga : Cara Membuat Kandang Kelinci Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme