Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Meniran (Phyllanthus urinaria L.)

Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Meniran (Phyllanthus urinaria L.) –  Tumbuhan meniran adalah salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal atau obat tradisional. Tumbuhan ini berasal dari Asia tropic yang telah tersebar di seluruh dataran Asia termasuk Indonesia, kini juga sudah tersebar ke beberapa Benua seperti Benua Afrika, Amerika, dan Australia.

Tumbuhan ini tumbuh secara liar sering dijumpai di hutan, di ladang, tempat lembab, berpasir, di tepi sungai, di pantai dan bahkan tumbuh liar dekat dengan perkarangan perumahan. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada ketinggian sekirtar 1.000 meter dari permukaan laut.

Klasifikasi Tumbuhan Meniran

Klasifikasi tumbuhan meniran menurut Kardinan dan Kusuma (2004), berdasarkan taksonomi adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Subdivisi: Angisopermae

Kelas: Dicotyledonae

Bangsa: Euphorbiales

Suku: Euphorbiaceae

Marga: Phyllanthus

Spesies: Phyllanthus urinaria L.

Morfologi Tumbuhan Meniran

Morfologi tumbuhan meniran dapat dilihat dari batang, daun, bunga, buah dan biji. Berikut penjelasannya:

1. Morfologi Batang

Batangnya tumbuh tegak, tidak bergetah, berbentuk bulat, bercabang dan berwarna hijau. Tinggi batang bisa mencapai 50 meter bahkan lebih.

2. Morfologi Daun

Daunnya bersirip dengan jumlah genap, setiap tangkai terdiri dari daun majemuk berukuran yang berbentuk bulat telur. Panjangnya daun sekitar 5 mm, sedangkan lebarnya 3 mm, di bagian daun terdapat bintik berwarna kemerahan.

3. Morfologi Bunga

Bunga meniran mempunyai bunga jantan dan betina berwarna putih, bunga jantan keluar dibagian bawah ketiak daun, sedangkan bunga betina keluar di bagian atas ketiak daun. Perbanyakan tumbuhan meniran dapat dilakukan dengan menggunakan biji.

4. Morfologi Buah dan biji

Buah meniran berbentuk bulat pipih, berdiameter 2-2,5 cm, bertekstur licin, dan biji berbentuk seperti ginjal, keras dan berwarna coklat.

5. Morfologi Akar

Akar tumbuhan meniran berbentuk tunggang, dan berwarna putih kekuningan.

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Meniran (Phyllanthus urinaria L.). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat serta menambah informasi anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *