Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Pasak Bumi (Eurycoma longifolia)

Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Pasak Bumi (Eurycoma longifolia)-    Pasak bumi adalah salah satu jenis tumbuhan obat yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Namun juga tersebar di beberapa hutan Malasyia, Thailand, Filiphina, Vietnam dan Birma. Di Indonesia pasak bumi mempunyai beberapa nama daerah anatara lain: pasak bumi (Kalimantan)Wisdara putih (Jawa), mempoleh(Bangka), besan (Sumut), tongkat ali (Aceh).

Di Malaysia dikenal dengan sebutan tongkat ali, bedara merah, dan bedara putih, sedangkan di Thailand dikenal dengan plaa-pueak, hae pan chan, plaalai phuenk dan phiak.

Klasifikasi Tumbuhan Pasak Bumi

Klasifikasi pasak bumi menurut Cronquist (1981), berdasarkan taksonomi adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Sub-kelas: Rosidae

Ordo: Sapindales

Family: Simaroubaceae

Genus: Eurycoma

Spesies: Eurycoma longifolia Jack

Morfologi Tumbuhan Pasak Bumi

Morfologi pasak bumi dapat dilihat dari karakter fisik, seperti batang, daun, bunga, buah dan akar. Berikut penjelasannya:

1.Morfologi Batang

Batang umumnya tidak  bercabang, namun ada juga yang bercabang seditik menyerupai paying dengan kedudukan daunnya melingkar, batangnya kokoh berwarna coklat keabu-abuan dan licin.

2..Morfologi Daun

Daun majemuk dan menyirip dengan berbentuk lanset atau bundar telur dan ujungnya sedikit meruncing, berjumlah ganjil sekitar 13-41 lembar daun atau anak daun, berdaun tipe piñatus dengan panjang dari pangkal tangkai 20-40 cm, berbentuk oblong, bergelombang, warna anak daun hijau tua berukuran 5-25 cm x 1,25-3 cm, pinggirnya bergelombang, tangkai dauyn berwarna coklat kehitaman.

3.Morfologi Bunga

Bunga berwarna merah jingga, lebar bunga 0,6 cm, berbulu halus dengan benjolan kelanjar di ujungnya, ada dua kelompok bunga yaitu bunga jantan (tidak menghasilkan buah dan bunga betina ( menghasilkan buah).

4. Morfologi Buah

Buah matang berwarna hijau gelap kemerahan, panjang 1-2 cm dan lebarnya 0,5-1 cm.

5.Morfologi Akar

Akar tumbuhan pasak bumi beruka akar tunjang yang menghujan ke bagian tanah hingga kedalaman 2 meter dan sedikit bermunculan cabang akar.

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Pasak Bumi (Eurycoma longifolia). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *