Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Pegagan (Centella asiatica)

Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Pegagan (Centella asiatica) – Tumbuhan pegagan merupakan salah satu tanaman liar yang banyak di jumpai di perkebunan, di persawahan, di tepi jalan, di sela – sela rumput, di tanah agak lembab atau ternaungu, dan juga dapat ditemukan di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi sekitar 2500 m dpl.

Tumbuhan pegagan berasal dari Asia tropic dan menyebar di bebagaiu Negara  juga seperti Filipina, Cina, India, Sri Langka, Madagaskar, Afrika dan Indonesia. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

KLasifikasi Tumbuhan Pegagan

Klasifikasi pegagan menurut Lasmidiwati (2004), berdasarkan taksonimi adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Sub-divisi: Angiospermae

Kelas: Dikotiledonae

Ordo: Umbellaiferae

Genus: Centella

Spesies: Centella asiatica

Morfologi Tumbuhan Pegagan

Morfologi pegagan dapat dilhat dari akar, daun, bunga, buah dan biji. Berikut penjelasannya:

1. Morfologi Akar

Perlu diketahui tanaman ini tidak memiliki batang, tanaman terna atau herba menahun. Akar pegagan termasuk jenis akar serabut dengan warna putih kekuningan. Akar ini muncul pada steiap buku-buka batang yang menjalar di tanahm sehingga tidak dapat ditentukan akar pokoknya.

2. Morfologi Daun

Daun berbentuk seperti kipas, daun berjumlah 2-10 dalam roset, dengan pangkal daun melekuk kedalam, bergigi 1-7. Panjang tangka1 daun 1-50 cm dan pada pangkal daun berbentuk pelepah.

3. Morfologi Bunga

Bunga termasuk majemuk tak terbatas dengan bagian bunga tidak lengkap karena termasuk bunga bongkol yang tidak memiliki kaliks, dengan corolla, stamen dan stylus yang tidak terbatas. Bunga pagegan berwarna putih atau merah muda, tersusun dalam karangan berupa paying, tunggal atau 3-5 bunga bersama-sama keluar dari ketiak daun dan tangkai panjang sekitar 5-50 mm.

4.Morfologi Buah

Buah  berbentuk lonjong atau pipih dengan panjang 2-2,5 mm, lebah kurang dari 7 mm dan tingg lebih kurang 3 mm, berlekuk 2 berwarna kuning kecoklatan dan berdinding tebal, berbau wangi dan memiliki rasa pahit.

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan Pegagan (Centella asiatica). Semoga dapat bermanfaat dan berguna serta menambah wawasan anda, kurang dan lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *