Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Udang Galah

Klasifikasi dan Morfologi Udang Galah – Udang Galah memiliki nama yang sangat beragam mulai dari udang satang, udang warang dan juga udang conggah. Selain itu, udang galah ini memiliki nama latin “ Macrobrachium rosenbergi ”. Semua jenis udang masih dalam satu famili yaitu Palaemonida, di karenakan dapat di budidayakan di air tawar.

1

Udang galah juga merupakan salah satu udang yang sangat di budidayakan di Indonesia. Karena memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan juga permintaan yang tinggi. Namun, untuk mengetahui klasifikasi dan morfologi udang galah ini perhatikan ulasan berikut ini.

Klasifikasi Udang Galah

Kingdom : Animalia

Pilum : Arthopoda

Kelas : Malacostraca

Orde : Decatoda

Famili : Palaemonoidae

Genus : Macrobrachium

Spesies : Macrobrachium rosenbergii

Morfologi Udang Galah

Udang galah memiliki warna kekuningan, kecoklatan hingga kehitaman. Badan udang memiliki permukaan yang beruas dan  bergaris serta memiliki kulit yang keras. Namun, secara umumnya badan udang galah memiliki tiga bagian yaitu kepala dada ( cephalothiorak ), badan udang ( Abdomen ) dan ekor udang ( Uropoda ).

Bagian kepala dada (cephalothiorak ) ini terbungkus dari kulit atau lapisan yang keras, bagian ini di sebut rostum. Panjang rostum ini tergantung dengan giginya, secara umumnya berjumlah bagian 11-13 buah pada bagian atas, dan bagian bawah 8-14 buah.

Bagian badan pada udang ( abdomen ) memiliki lima ruas, setiap bagian ruas di lengkapi kaki ( Pleiopoda ). Sedangkan bagianekor ( Uropoda ) memiliki ruas juga yang berguna untuk mendayung dan juga berenang pada udang.

Namun,  untuk panjang badan pada udang galah ini sekitar 25-35 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Udang galah memiliki berat badan berkisar 250-300 gram per ekornya. Untuk produksi udang ini di perkirakan hanya 50-100 ekor udang bahkan lebih tergantung dengan indukannya.

Baca juga : Cara Pembibitan Kelapa Sawit Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme