Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Manajemen Pemberian Pakan Ternak Kuda

Manajemen Pemberian Pakan Ternak Kuda – Kuda merupakan hewan yang tersebar merata di seluruh pelosok bumi. Menjadi hewan yang sangat kuat membuat kuda menjadi idaman dan andalan manusia dalam membantu pekerjaannya. Sejak zaman dahulu kala misalnya, kuda sudah dijadikan alat transportasi jarak jauh. Bukan hanya dapat menanggung berat si penunggang, kuda juga dapat menanggung beban barang-barang  bawaannya. Seiring berjalannya waktu, kuda juga digunakan dalam peperangan dan dalam zaman modern digunakan dalam pertandingan. Tak jarang juga saat ini untuk keperluan pertanian, dilakukan berternak kuda.

1

Dalam berternak kuda, pemberian pakan ternak kuda menjadi salah satu fokus utama. Pemberian pakan ternak kuda yang mencukupi dan baik secara gizi dan nutrisi diharapkan dapat terlaksana. Sehingga pengetahuan akan pemberian pakan yang baik dan benar haruslah diketahui oleh para peternak kuda. Lalu bagaimanakah sebenarnya pemberian pakan ternak kuda yang baik dan benar?

Baca : Hama dan Penyakit Kambing Peranakan Etawa (PE)

Pakan utama atau makanan pokok kuda adalah rumput. Akan tetapi rumput yang dikonsumsi kuda bukanlah rumput liar, melainkan rumput dengan jenis Panicum maticum atau Brachiaria mutica. Rumput sebagai pakan kuda hanya mampu memberikan energi untuk kegiatan biasa yang dilakukan sehari-hari pada kuda. Sedangkan untuk kuda-kuda dalam kompetisi pacuan kuda dan kuda untuk transportasi dibutuhkan tambahan nutrisi dan gizi selain rumput. Tambahan nutrisi dan gizi disebut juga dengan tambahan konsentrat dalam pakan. Konsentrat merupakan pakan yang diberikan pada kuda untuk menambahkan energi. Konsentrat dapat diberikan pada kuda dengan memberikan pakan berupa jagung, gandum, ataupun kacang-kacangan seperti kedelai.

Selain pasokan pakan, intensitas pemberian pakan ternak kuda juga memiliki peranan penting dalam mencukupi kebutuhan ternak kuda anda. Pakan ternak kuda harus diberikan dalam kuantitas yang sesuai dengan fungsi serta usia dari kuda yang akan diberikan pakan. Perhatikanlah pembagian pakan sesuai usia kuda berikut ini:

  • Pada usia 1 hingga 6 bulan; karena masih tergolong bayi kuda, kuda pada usia ini tidak mengonsumsi pakan hanya menyusui dari ibu kuda.
  • Pada usia 6 hingga 12 bulan; kuda pada masa anak-anak membutuhkan pakan dengan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya.
  • Pada usia 12 hingga 24 bulan; kuda berada pada masa pubertas sehingga membutuhkan pakan dengan kandungan protein cukup tinggi berkisar 18% dalam pakan kuda. Pada usia ini juga kuda mungkin akan mengalami siklus reproduksi ataupun menyusui. Sehingga pakan harus mengandung vitamin yang tinggi agar kuda tetap fertile. Kadar protein dan vitamin dalam pakan dapat ditambahkan dengan mencampurkan bahan makanan yang mengandung vitamin serta mineral seperti vitamin A, B, D, E, dan K serta Kalsium dan Fosfor.
  • Pada usia di atas 24 bulan; kuda sudah memiliki dasar stamina yang cukup untuk bertahan hidup. Pakan kuda di usia ini diharapkan tetap mencukupi kebutuhan kuda sesuai aktifitasnya.

Baca juga :

Demikianlah beberapa karakteristik pemberian pakan pada ternak kuda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pakan untuk ternak kuda harus diberikan sesuai dengan umur dan kegunaan kuda tersebut. Bahkan pada kuda dengan usia yang sama saja dapat dibutuhkan nutrisi yang berbeda karena kegunaan kuda yang berbeda juga. Oleh karena itu, berikan perhatian khusus pada pemberian pakan ternak kuda anda dan dapatkan ternak kuda yang sehat dan produktif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme