Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Manfaat Belalang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Belalang Bagi Kesehatan Tubuh – Belalang merupakan hewan serangga yang termasuk herbivora, hewan ini ternyata memiliki kandungan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hewan serangga lain. Belalang ini dapat dikonsumsi dengan baik, dan juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Kandungan belalang ini mengandung protein yang sangat tinggi yang dapat membantu memberikan asupan gizi pada tubuh. Selain itu, belalang juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Bahkan, bukan hanya protein dan  mineral saja belalang juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin B2, B3, E dan C, asam folat hingga berbagai macam asam lemak.

1

Berdasarkan dari kutipan blog myinovations.worpress.com yang dilakukan berdasarkan penelitian Kusmaryani, 2005 mengatakan bahwa belalang kayu memiliki kadar protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tepung udang hindu mencara rata 17,922 dan 9,846 %. Dengan begitu, bahwa kandungan yang terdapat pada belalang ini sangat tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Namun, ada beberapa manfaat lain belalang bagi kesehatan tubuh diantaranya :

Kaya kandungan protein

Kandungan protein yang sangat tinggi yang terdapat didalam belalang sangat bermanfaat untuk menjaga dan mengontrol kesehatan dengan baik. Namun, harus melakukan pengelolahan belalang ini dengan baik dalam mengkombinasikan dengan bumbu – bumbu alami maupun langsung di bakar dengan bara api yang tidak terlalu panas.

Menyehatkan pertulangan

Kandungan kalsium, kalium dan magnesium yang terdapat didalam dapat menjaga kesehatan pertulangan anda dengan baik, bahkan juga akan mengatasi masalah pertulangan seperti nyeri persendian, nyeri otot, dan bahkan juga kesemutan pada tulang. Kandungan tersebut akan memenuhi asupun gizi pertulangan anda, sehingga tidak akan membuat kondisi pertulangan anda akan defesiensi asupan gizi.

Menjaga kesehatan mata

Belalang juga dapat bermanfaat untuk menyehatkan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam belalang jenis apapun akan membantu meningkatkan kesehatan mata dengan menjaga dan mengontrol saraf mata dengan baik. Kandungan vitamin A ini juga memiliki peranan yang sangat penting untuk menghambat resiko pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan kandungan antioksidan didalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. kandungan vitamin A dalam belalang, akan membentuk dan menguraikan menjadi kandungan antioksidan sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, akan membantu menghambat dan mengurangi serangan dari berbagai macam penyakit.

Melancarkan sistem pencernaan

Belalang juga memiliki kandungan vitamin B, B1, B2, B6 dan  komplek yang dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dengan meningkatkan produksi asam klorida yang dapat memecah lemak, protein, dan karbohidrat.

 Tambahan :

  • Menjaga kesehatan rambut dan kuku
  • Meningkatkan kadar produksi energi
  • Menjaga sistem saraf tetap sehat
  • Meningkatkan kadar kolesterol
  • Meningkatkan kesuburan pria

Perlu diketahui, bahwa belalang yang dapat dikonsumsi ini harus tidak bersifat racun yang malah akan membuat kesehatan anda terganggu. Oleh sebab itu, lakukan pemilihan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya dan lakukan pengelolahan yang tepat.

Baca juga :

Itulah manfaat belalang bagi kesehatan, semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat  bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme