Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Manfaat Jerami Untuk Kesuburan Media Tanah

Manfaat Jerami Untuk Kesuburan Media Tanah – Kebanyakan kalangan masyarakat secara luas menganggap bahwa jerami merupakan sebuah limbah yang harus di buang dan dimusnahkan dengan cara dibakar, karena termasuk tidak memiliki manfaat yang besar.

2.1

                                                   Pembakaran jerami ( image source )

Kurangnya sebuah informasi pertanian tentang pengetahuan para petani memanfaatkan jerami untuk meningkatkan kesuburan tanah dengan cara di bakar, banyak yang menyakinkan bahwa dengan membakar jerami tidak memiliki manfaat dan guna untuk beberapa aspek dan media untuk kedepannya.

Salah satu manfaat jerami untuk tanah atau lahan sawah yang biasanya dibuang adalah dapat meningkatkan kesuburan tanah menjadi lebih baiknya lagi, hal ini di karenakan jerami banyak mengandung pupuk yang terkandungnya mulai dari pupuk N, P, K, S, Si, Ca dan Mg.

Hal ini dapat di contohkan ketika panen padi sebanyak 5 ton per gabah, maka lahan akan kehilangan unsur hara sekitatar 150 N, 20 kg P, dan 20 kg S. Selain itu juga, semua unsur K dan ada sepertiga dari N, P, dan S masih terdapat di dalama jerami. Sehingga jerami dapat bisa di gnakan sebagai pupuk organik yang baik.

Namun apabila jerami memiliki berat mencapai 1,5 ton, maka dapat di perkirakan bahwa kandungan yang ada di falam jerami mengandung unsur pupuk berkisar 9 kg N, 2 kg P, dam S 25 kg Si, 6 kg Ca dan 2 Kg Mg. Kandungan jerami yang bermanfaat untuk tanah diantaranya senyawa N dan C yang bermanfaat untuk sebagai subtrat metabolisme mikroba tanah, termasuk gula, pati, selulose, hemiselulosa, pektin, lignin, lemak dan protein.

Manfaat jerami untuk kesuburan tanah bila tidak di bakar, dan dikembalikan lagi kelahan sawah, diantaranya :


  • Unsur hara yang ada di dalam jerami apabila dibakar akan hilang, karena unsur hara yang seharusnya bisa menambah kesuburan tanah kini terbuang dengan percuma.
  • Bagian batang dan daun pad yang bisa dapat menyuburkan tanah secara fisika hanya akan terbakar menjadi karbon dan arang saja.
  • Jerami yang sudah dibenamkan kedalam tanah akan berguna untuk makanan mikroorganisme tanah.
  • Dapat menekankan biaya pupuk, karena jerami banyak mengandung pupuk organik yang bermanfaat untuk tanah dan tanaman.
  • Dapat menekankan serangan hama dan penyakit, karena jerami mengandung unsur K yang dapat menguatkan dan pengeraskan tanaman sehingga akan meningkatkan ketahanan tanaman yang lebih kuat.
  • Pembenaman jerami di dalam tanah akan mendorong kegiatan atau aktivitas bakteri sebagai pengikat unsur N.

Baca juga :

Itulah manfaat jerami untuk kesuburan media tanah semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme