Mengenal 5 Sistem Pendidikan di Jerman yang Luar Biasa

Sistem Pendidikan di Jerman – Setiap negara memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Yang berarti bahwa pendidikan adalah salah satu hal penting untuk satu negara. Demikian dengan sistem pendidikan di Jerman yang memang berbeda dari kebanyak sistem pendidikan di dunia.

Sistem pendidikan di Jerman membuat aturan bahwa umur paling minimal mengecap pendidikan adalah ketika anak berumur 6 tahun, dan bahkan jika anak belum siap di umur 6 tahun bukan menjadi masalah.

Sistem pendidikan di Jerman yang wajib dari tingkat terendah ke tertinggi terdiri dari :

  • Elementarbereich
  • Primarbereich
  • Sekundarbereich I
  • Sekundarbereich II
  • Tertiärbereich

5 Sistem Pendidikan di Jerman yang Berbeda dari Negara Lain

Untuk lebih jelasnya dengan urutan sistem pendidkan di Jerman tersebut, simak penjelasan berikut ini :

1. Elementarbereich ( Pre-primary )

Pendidikan dasar berhubungan dengan anak-anak hingga usia enam tahun. Area pertama sistem pendidikan ini mencakup layanan pengasuhan dan pendidikan dalam bentuk crèch, taman kanak-kanak, penitipan anak dan kelas-kelas di sekolah-sekolah dasar. Ini bukan pendidikan wajib. Namun demikian, angka-angka menunjukkan bahwa lebih dari 90% anak usia 3 hingga 6 tahun sekarang menghadiri pusat penitipan anak.

2. Primarbereich ( Pendidikan Dasar )

Dengan berlakunya pendidikan wajib, anak-anak juga memasuki pendidikan dasar. Biasanya ini adalah di mana semua anak sudah masuk tahap wajib sekolah. Sekolah dasar mencakup nilai 1-4 di sebagian besar negara bagian federal (level 1 hingga 6 di beberapa negara bagian federal).

Di sini, nilai, perilaku bekerja dan belajar dievaluasi dan rekomendasi untuk persyaratan masuk ke tahap selanjutnya. Bergantung pada negara, bentuk penilaian kontroversial ini mengikat. Dan jika gagal, akan ada ujian lagi hingga dinyatakan layak ke pendidikan selanjutnya.

3. Sekundarbereich I ( Sekolah Menengah Bawah I )

Sekundarbereich I terdiri dari dua yaitu untuk anak-anak dengan nilai tinggi dari Primarbereich, jadi disini anak-anak bisa belajar hanya 2 tahun dan melanjut ke pendidikan selanjutnya, dan jika gagal di tahap ini bisa mengikuti di Sekundarbereich II.

Dan yang kedua untuk anak-anak dengan nilai menengah ke bawah, dan mengikuti masa studi dalam 3 tahun, sebagai persyaratan untuk masuk ke tahap sekolah yang lebih tinggi lagi. Dan hasil studi dari Sekundarbereich II sangat mempengaruhi bidang apa yang sebaiknya dikuasai di Sekundarbereich II.

4. Sekundarbereich II

Pendidikan ini setara SMA, dan disini fokus untuk univeristas yang akan dituju, jadi disini proses belajar lebih aktif dan lebih lama. Nilai sekolah dalam 3 tahun mempenagruhi diterima atau tidaknya di univeritas.

5. Tertiärbereich

Pendidikan Tertiärbereich mencakup semua universitas dan perguruan tinggi yang mengarah ke gelar akademik. Selain itu, Tertiärbereich juga mencakup semua lembaga yang menawarkan program pelatihan kejuruan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *