Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Mengenal Jenis-Jenis Pakan Ikan

Mengenal Jenis-Jenis Pakan IkanPakan adalah asupan atau makanan yang diberikan oleh ternak ikan, seperti ikan lele, nila, gurame, dan sebagainya.  Pakan juga merupakan salah satu sumber energi dan materi yang sanga dibutuhkan oleh ternak peliharaan ataupun ternak ikan. Kandungan terpenting dalam pakanmeliputi protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin.

Baca: 10 Limbah Yang Dapat dimanfaatkan Sebagai Bahan Pakan Ruminansia

Ada beberapa 4 jenis pakan ternak ikan, yang harus diketahui sebelum memulai budidaya ikan. Hal tersebut sangatlah menentukan keberhasilan dan kesuksesan dalam budidaya ikan.

Jenis dan Macam-Macam Pakan Ikan

1. Pakan Utama

Pakan utama adalah pakan yang harus dipenuhi dan dibutuhkan oleh ternak ikan, biasanya menggunakan pakan pelet yang sudah diolah sehingga mengandung berbagai macam jenis vitamin. Pakan ikan dalam bentuk pelet terdapat dua jenis, yaitu pelet apung dan pelet tenggelam.

2. Pakan Tambahan

Pakan tambahan adalah pakan yang digunakan sebagai pakan sampingan atau tambahan saja. Biasanya diberikan pada budidaya ikan dalam pembesaran. Pakan jeis tambahan ini sangat banyak dan bervariasi, ayam tiren, ikan runcah, sayuran dan sebagainya. Pemberian dilakukan tergantung jenis ikan yang dibudidayakan.

3. Pakan Alami

Pakan alami adalah pakan yang berasal dari alam dan mengandung banyak protein dan vitamin sehinga sangat baik untuk pertumbuhan ikan. Jenis pakan alami yang diberikan, seperti cacing sutra, keong, plankton, kutu air atau mikroorganisme lainnya.

4. Pakan Buatan

Pakan buatan adalah pakan yang dibuat dan diolah sesuai dengan kebutuhan serta formulasi tertentu, baik secara nabati maupun hewani tergantung pembuatnya. Pakan buatan bisanya dibuat oleh pabrik yang dijual secara komersil maupun bisa membuat sendiri. Biasanya pembuatan pakan buatan menggunakan bahan-bahan nabati, yaitu dedak halus, tepug daun, tepung jagung, dan tepung kedelai. Sedangkan bahan hewan menggunakan bahan-bahan, yaitu minyak hati, minyak ikan, tepung darah, tepung ikan dan sebagainya.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang “Mengenal Jenis-Jenis Pakan Ikan”.  Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat, terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme