Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cabe Rawit

FREDIKURNIAWAN.COM – Cabe Rawit ( Cabe Kathur ) merupakan tumbuhan yang masih anggota dari genus capsicum . Tanaman ini sangat lah popule sebagai bahan tambahan masakan yang terkenal di asia tenggara yang sudah menyebar luas di berbagai negara lainnya . Cabe merah ini memiliki warna yang sangat lah cerah yaitu warna awal hijau menjadi warna merah pekat .

cabe rawit

Menurut beberapa penleitian cabe rawit ini memiliki  kepedasarn yang sangat lah luar biasa di bandingkan dengan cabe lainnya yaitu 50.000 – 100.000 pada Skala Scoville.

Klasifikasi Tanamana Cabe Merah

  • Kingdom / kerajaan : Plantae ( Plant )
  • Sub kingdom / kerajaan : Tracheabionta ( Vascular Plants )
  • Super division / super divisi : Spermatophyta ( Seed Plant )
  • Division /divisi : Magnoliophyta ( Flowering Plant )
  • Classing / kelas : Magnolipsida ( Dycotyledons)
  • Sub classis / sub kelas : Asteredae
  • Ordo / bangsa: Solanales
  • Famili /suku : Solanaceae ( Potato family )
  • Genus / marga : Capsicum L. ( pepper )
  • Species / jenis spesies: Capsicum frustescens L
  • Binominal Name / Nama latin : Capsicum frustescens L
  • Common Name / Nama umum : Thai Pepper

Morfologi Tanaman Cabe Merah

a. Daun

Daun tanaman cabe sangat lah bervariasi menurut spesies dan varitesnya , ada daun yang memiliki bentuk oval loncong , bahkan ada yang lanset. Warna permukaan daun bagian atas hijau mudah , hijau , hijau tua , bahkan kebiruan . sedangkan permukaan daun bagian umumnya berwarna hijau mudah , hijau pucat dan hijau tua . Ukuran panjang pada daun sekitar 3-4 cm dengan lebar 1-2 cm .

b. Batang

Batang pada tanaman cabe akn tumbuh pada ketinggian tertentu saja, kemudian membentuk banyak cabang . Batang untuk cabe merah bisa biasanya ber ukuran antara 20 – 50 cm bahkan bisa lebih , batang ini berwarna hijau tua , hijau muda dan batang batang yang telah berwarna kecoklatan maka batang sudah mengalami kerusakan pada jaringan parenkim .

c. Akar

Akar tanamanan cabe merah memiliki akar yang sangat lah berserabut , Biasanya akar terdapat bintil-bintil yang hasil dari simbiosis dari beberapa mikroorganisme , tidak memiliki akar tunggang , tetapi memiliki akar tunggang semu .

d. Bunga

Bunga pada tanaman cabe sangat lah bervariasi , namun memiliki bentuk yang sama yaitu memiliki bentuk bintang . Bunga tumbu di dekat bagian daun , dalam keadaan tunggal atau berkelompok dalam satu tandannya . Dalam satu tandan ( kelompok ) terdapat 2-3 bunga , sedangkan mahkota memiliki bermacam-macam warna yaitu putih , putih kehijauan , dan keungguan. Memiliki dia meter bunga antara 5 – 20 mm .

Bunga tanaman cabe merupakan bunga yang sangat sempurnya , karena bunga jantan dan bunga betina pemasakan di lakukan dengan waktu yang sama . Sedangkan penyerbukan tanaman cabe di bantu dengan angin yang memiliki kecepatan 10 – 20 km/jam .

e. Buah dan Biji

Buah cabe merupakan bagian yang sangat lah penting , memiliki warna yang sangat lah mencolok yaitu bewarna merah dan juga bewrna hijau mudah dan hijau mudah . Sedangkan biji di lakukan pada saat cabe sudah tua dan di lakuka pemetikan lalu di keringkan dan di lakukan persemaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme