Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Panduan Dasar Budidaya Asam Jawa

Panduan Dasar Budidaya Asam jawa – Asam Jawa  ( Tamarindus Indica ) merupakan tanman buah yang sejenis buah yang masam yag biasa nya di gunakan sebagai bumbu dalam maskan indonesia sebgai persa atau penambah rsa asam dalam masakan dan makan Misalnya membuat sayur ayam .

1

Asam ini banyak sekali di jumpai di pasaran dan juga di keadi terdekat , banyak nya suatu permintaan dalam masyarakat membuat para petani ingin memananam tanaman ini dengan cara pembudidayaan. Namun sebagaian besar ada yan tidak mengetahui cara menanam tanman ini. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat cara pembudidayaan  yang sangat lah mudah yaitu sebagai berikut.

Manfaat Asam

Manfaat asam ini sebagai obat trdisioanala dan herbal yang di gunakan turun-temurun karena denga khasiat dan  jug abnayak kandungan yang terdapat dalam asam bisa mengobati apapaun yaitu sebagai berikut mengobati kanker , menyehatkan tubuh , menghangatkan tubuh dan masih banyak lagi untuk lebih lengkapnya lihat di manfaat Asam

Syarat Tumbuh Asam

  • Mengunakan tanaha dan iklim yang sangat laha bagus
  • cocok di tanama di tanaha lihat dan pasir
  • Bisa di tanama di dataran tinggi dan renda aantara 1000 – 1500 m Dpl
  • Dengan curah hujan lebih dari 4000 mm
  • Sebainya tanah pada tanman ini menmili unsur hara dan ph yang saesui untuk di tanami

Pedoman Budidaya Asam

Lakukan pencangkokan  Penyambungan dan  Penempelan   hal ini dilakukan bertujauan untuk menghasilakan suatau indukan yang sangat lah bagsu untuk di tanam  denmgan cara memperbanyak secara vegetatif . Metode penempelan perisai ( shiel budding ) , Penempelan tambaklan ( [atch budding ) dan sambungan ( cleft grafting ) merupakan suatu cara dan metode yang sangat lah bagus untuk memperbanyak  pada sama hal ini dilakukan pada bulan november dan juga januari  krena edi saat ini pada musim hujan penanaman ini dilakukan dengan jarak 8-10 m.

Pemliharaan asam

Untuk pemeliharaan pada asma di lakukan secara intensif yaitu dengan cara , pemupukan secara bersekala  , penyambuangan yang dapat dilakukan dengan umur 3-4 tahun , menyiraman di lakukan 2 hari dalam sat haru , penyuburab kembali pada tanah , penimbunan batang dengan tanah agar menghasilkan akar yang baru . ha ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan pada asam jawa .

Hama Dan Penyakit asam

hama yang biasanya menyerang pada tanman asam ini berupa serangga kecil , ulat pemakan daun , kutu bubuk , dan kutu perisai hal ini dapat di atasi dengan cara penyemprotan dengan herbisida dan lainnya .

Pasca panen

Pasca penen ini yang paling bagus adalah bsar [ohon menca[ai 170 kg / tahunnya di karena gar menghasilkan asam yang sangta lah bagus antaranta 80-90 kg . Pemanenan ini dilakukan dengan cara memotong tangkai asam agar asam tidak terjadi kerusakan ataupun dengan car menjebitnya untuk menghindari kerusakan pada polong.

Baca juga : Panduan Umum Budidaya Belut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme