Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, Struktur Biografi dan Teks Biografi

Capsabandarq.net Capsa Online, Agen Bandar Q, Domino 99, Qiu Qiu Online, BandarQ

Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, Struktur Biografi dan Teks Biografi –  Postingan kali ini admin fredikurniawan.com akan berbagi informasi tentang Pengertian Biografi, Ciri-ciri Biografi, Struktur Biografi, dan cara membuat tulisan biografi. Berikut penjelasannya.

Baca: Pengertian Badan Golgi, Struktur dan Fungsi Badan Golgi

 

A.Pengertian Biografi

Biografi berasal dari bahasa Yunani, “Bios” berarti hidup dan “Graphien” berarti tulisan. Defenisi biografi adalah sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Adapun pengertian biografi diartikan bahwa menceritakan/mengkisahkan riwayat kehidupan seseorang.

Biografi terdiri dari dua bagian yaitu biografi pendek (singkat) dan biografi panjang. Biografi pendek (singkat) adalah menceritakan tentang fakta-fakta kehidupan seseorang dan peran yang penting dalam cerita tersebut. Biografi panjang adalah menceritakan tentang kehidupan seseorang yang berisi informasi-informasinya yang lebih detail, lebih dalam dan membuat gaya tulisan yang lebih menarik.

B.Ciri-Ciri Biografi

Ciri-ciri biografi adalah sebagai berikut:

  1. Biografi memiiliki struktur terdiri dari: orientasi, reorientasi, peristiwa (masalah).
  2. Biografi berisi informasi yang aktual (fakta) dan disajikan dalam bentuk narasi.
  3. Biografi berisi informasi aktual (fakta) yang berupa, pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam bentuk tokoh biografi.
  4. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam teks biografi, yaitu sebagai berikut:

– Judul biografi

– Cerita menarik/mengagumkan dan mengharukan yang terdapat  dalam                       kehidupan tokoh biografi yang diceritakan.

– Berisi hal-hal motivasi, dapat dicontoh atau diteladani dari kehidupan                        tokoh biografi.

– Memiliki daya tarik tersendiri dari tokoh yang di ceritakan.

C.Struktur Biografi

Struktur teks biografi terdiri dari orientasi, peristiwa dan reorientasi adalah sebagai berikut:

1. Orientasi

Orientasi adalah salah satu bagian awal dalam cerita yang menjelasakan tentang pengenalan tokoh, gambaran awal tokok yang diceritakan dalam biografi tersebut.

2. Peristiwa (Masalah)

Peristiwa adalah salah satu bagian peristiwa atau kejadin dalam tokoh biografi yang sedang diceritakan. Kejadian atau peristiwa tersebut bisa berupa pengamalan tokoh, kejadian yang pernah dialami sebelumnya, masalah yang pernah dihadapi dalam pencapaian tujuan atau target tertentu.

3. Reorientasi

Reorientasi adalah salah satu bagian akhir dalam cerita atau penutup cerita yang akan menceritakan tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi ini bersifat opsional, berarti bagian boleh atau tidak.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Biografi, Ciri-ciri Biografi, Struktur Biografi dan Teks Biografi semoga berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme