Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian dan Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan

Pengertian dan Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan  – Vakuola merupakan salah satu bagian organel sel yang terdapat pada sel hewan dan juga tumbuhan. Vakuola yaitu suatu organel sitoplasmatik berisi cairan – cairan  yang dibatasi oleh selaput tipis. Cairan ini mengandung berbagai macam zat larut yang membentuk vakuola seperti, garam mineral, alkaloid, enzim – enzim, asam dan basa. Vakuola terdiri dua jenis, yaitu vakuola kontraktil yang fungsinya sebagai osmoregulator yang mengatur nilai osmotic sel / ekskresi. Sedangkan vakuola nonkontraktil berfungsi untuk mencerna makanan dan kemudian mengedarkannya.

Vakuola akan selalu ada dalam sel tumbuhan, namun tidak semua jenis hewan mempunyai vakuola. Vakuola ini hanya terdapat pada hewan uniseluler tingkat rendah, salah satu contoh hewan yang memiliki vakuola di dalam selnya adalah protozoa. Dengan semakin menuanya tumbuhan maka akan semakin besar pula vakuola yang ada di dalam sel. Organel yang satu ini memiliki banyak fungsi yang banyak oleh karena itu menjadi salah satu bagian penting yang bisa membentuk suatu kesatuan sel yang cukup fatal.

Baca: Cara Budidaya Bekicot Hasil Melimpah

Fungsi Vakuola dalam Sel Tumbuhan

Vakuola sel tumbuhan biasnya lebih besar daripada vakuola yang ditemukan pada sel – sel hewan. Vakuola pusat dikelilingi oleh tonoplast dan menawarkan dukungan untuk sel – sel yang merupakan daun dan menjadi bagian lunak lainnya tanaman. Zat terlarut hadir dalam vakuola biasanya selalu menyerap air. Saat air memasuki vakuola, maka sel akan menjadi meningkat, sehingga memungkinkan bagian – bagian lunak dari tanaman misalnya saja daun untuk mempertahankan bentuk dan juga turgiditynya. Maka dengan mempertahankan sel dalam bentuk yang tepat menjadi fungsi utama vakuola. Selanjutnya beberapa penjelasan mengaenai fungsi vakuola pada tumbuhan, yaitu sebagai berikut :

  1. Tempat menyimpan cadangan ion anorganik dan juga makanan seperti protein, kalium, klorida serta gula.
  2. Tempat untuk menimbun sisa – sisa  dari metabolisme, seperti getah yang terdapat pada bagian batang tanaman karet.
  3. Vakuola memiliki fungsi untuk mendekatkan sitoplasma ke bagian dinding sel, hingga proses masuk dan keluarnya suatu zat bisa berjalan secara cepat dan lancar.
  4. Vakuola bisa menjadikan sel yang muda dan menjadi lebih kuat.
  5. Vakuola pusat yang di kelilingi oleh tonoplas sebagai penyokong sel tumbuhan.
  6. Vakuola berguna untuk homoestasis PH, yang menyimpan asam amino dan osmoregulasi.
  7. Vakuola mempunyai kemampuan untuk menghapus puing – puing struktural yang tidak diinginkan.
  8. Vakuola bisa mengisolasi bahan yang berbahaya yang menjadi ancaman bagi sel.
  9. Vakuola berperan dalam proses pembesaran selama pertumbuhan sel.
  10. Vakuola bisa mempertahankan tekanan hidrostatik internal ataupun turgor yang ada dalam sel.
  11. Vakuola bisa mempertahankan Ph internal yang asam.
  12. Vakuola mampu mengekspor zat yang tak diinginkan dari sel.
  13. Vakuola mempunyai kemampuan untuk mengaktifkan sel agar bisa berubah bentuk
  14. Vakuola bisa melakukan pengontrolan  aliran air yang masuk dan air keluar melalui proses transport aktif, memompa ion kalium ke dalam dan juga keluar dari interior vakuolar.
  15. Sel tumbuhan mempunyai vakuola yang berukuran lebih kecil, akan tetapi saat terjadinya kematangan sel, maka terbentuklah vakuola tengah yang berukuran besar.

Baca Juga: 

Demikianlah ulasan dan informasi mengenai fungsi dan juga peranan dari vakuola pada tumbuhan. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan dan ilmu pembaca sekalian. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme