Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Hormon, Macam-Macam dan Fungsi Hormon

Pengertian Hormon, Macam-Macam dan Fungsi Hormon – Anda pasti pernah mendengar tentang hormon. Bila ada wanita yang sering marah – marah tanpa sebab, atau ibu hamil yang kerap gelisah, bisa jadi ini adalah efek dari perubahan hormon ketika hamil ataupun saat wanita sedang pre menstrual syndrome (PMS).

Hormon di dalam tubuh seseorang berperan sangat penting untuk menjalankan fungsi organ – organ tubuh tertentu. Lalu apa hormon? Berikut uraian selengkapnya…

Baca: Ciri-Ciri Ayam Bangkok Siap Bertarung

A. Pengertian Hormon

Hormon berasal dari bahasa Yunanni yaitu Hormein. Hormein sendiri berarti memacu atau membangkitkan sesuatu.

Jika diartikan secara umum atau secara bebas, pengertian hormon adalah sebuah senyawa kimia yang dihasilkan oleh kelenjar tertentu di dalam tubuh makhluk hidup untuk membantu organ – organ tubuh menjalankan fungsinnya dengan baik.

Hormon kerap dikaitkan dengan fungsi seksual karena memang dapat membantu untuk membangkitkan dan memacu gairah seksual yang dapat berperan penting untuk reproduksi makhluk hidup.

B. Macam – macam hormon

Setiap individu atau makhluk hidup memiliki hormon dalam tubuhnya. Macam – macam hormon yang ada dan berperan dalam tubuh makhluk hidup di antaranya membantu proses reproduksi, memacu pertumbuhan, menjaga sistem imunitas, dan sebagainya.

Berikut adalah macam – macam kelenjar endokrin dan fungsinya:

  1. Kelenjar pankreas, yaitu kelenjar yang kaya pembuluh darah dan menghasilkan hormon insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah. Inilah penyebab seringnya seseorang terkena risiko diabetes tipe 2.
  2. Kelenjar tiroid, kelenjar ini berada di bagian tenggorokan untuk membantu pertumbuhan makhluk hidup.
  3. Kelenjar pencernaan. Seperti namanya, kelenjar pencernaan merupakan sebuah kelenjar yang berada di saluran pencernaan. Seperti lambung atau usus. Pada lambung, kelenjar menghasilkan hormon gastrin. Yaitu hormon yang berperan untuk sekresi getah lambung. Sedangkan, pada hormon sekretin serta hormon kolsistokinin dihasilkan oleh kelenjar usus. Setiap fungsi hormon yang berbeda tetap memacu getah bening, pankreas dan getah empedu.
  4. Kelenjar hipotalamus, kelenjar ini ada di bagian otak. Fungsi utama hipotalamus, menghasilkan hormon neurohormonal. Ini adalah sejenis hormon yang melepaskan zat sekresi menuju darah dan hipofisis.
  5. Kelenjar adrenal, kelenjar inilah yang kerap disebut dengan pemicu adrenalin. Dalam adrenal korteks menghasilkan hormon kortisol dan yang berhubungan dengan seksualitas.
  6. Kelenjar hipofisis, adalah kelenjar yang terletak pada bagian dasar otak. Kelenjar ini hanya seukuran kacang buncis. Ada 3 penyusun, yaitu anterior, bagian tengah intermediet dan posterior.
  7. Kelenjar ovarium, kelenjar ini juga disebut dengan kelenjar gonad. Fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan sel – sel kelamin. Pada wanita, menghasilkan hormon estrogen dan pada laki – laki menghasilkan hormon testoteron.
  8. Kelenjar timus, kelenjar ini berkembang pesat pada masa kanak – kanak terutama bawah lima tahun (golden age 0 – 5 tahun). Sedangkan, pada masa dewasa, hormon ini akan terhenti. Hormon timus berperan penting untuk hormon pertumbuhan dan memacu fungsi pertumbuhan yang baik.

C. Fungsi Hormon

Sedikit disinggung di atas, hormon juga berperan penting dalam memacu kinerja organ – organ tubuh tertentu. Berikut adalah uraian fungsi – fungsi hormon di dalam tubuh:

  • Memacu sistem metabolisme protein, lemak atau glukosa pada seluruh tubuh
  • Menjaga kadar tekanan darah
  • Membantu pembentukan sel darah merah
  • Menjaga ciri seksual dan sistem reproduksi
  • Menjaga pelepasan hormon pada korteks adrenal
  • Membantu pembentukan dan pelepasan kelenjar tiroid
  • Membantu menjaga homeostasis (keseimbangan suhu tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan)

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Hormon, Macam-macam Hormon dan Fungsi Hormon semga berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme