Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Rontok Kucing Anggora

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Rontok Kucing Anggora  – Tiap majikan tentunya sangat menyayangi Kucing peliharaannya. Sehingga tidak heran apabila mereka selalu mengusahakan yang terbaik untuk hewan peliharaannya tersebut. Tidak terkecuali untuk Kucing jenis Anggora yang telah lama menjadi jenis kucing favorit. Hal tersebut tidak lepas karena sifatnya yang ramah dan juga bulunya yang bagus. Namun kemudian masalah muncul ketika Bulu dari Kucing Anggora tersebut mulai mengalami kerontok. Tentunya hal ini akan membuat pemiliknya menjadi panik. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan penyebab dan cara mengatasi Bulu Anggora yang rontok:

Baca: Pasang Iklan Murah Blog dan Website di Fredikurniawan.com

1. Penyebab Bulu Anggora Rontok

Kerontokan yang terjadi pada tiap Kucing sebenarnya normal apabila jumlah rambut yang rontok pada batasan wajar. Namun kemudian masalah muncul ketika kerontokan tersebut berada di ambang batas wajar. Berikut ini penyebabnya;

  • Pemakaian Produk Mandi yang Salah

Sebagai pemilik tentunya ingin Kucing yang dimiliki selalu bersih dengan memandikannya. Namun hal ini bisa menjadi boomerang ketika produk mandi yang dipakai ternyata tidak cocok. Karena hal ini bisa mengakibatkan kerontokan pada bulu Kucing.

  • Vitamin Berlebih

Untuk menjaga kesehatan dan juga daya tahan tubuh biasanya banyak Kucing yang mendapatkan asupan vitamin. Sebenarnya pemberian asupan vitamin ini sangat baik pada Kucing namun tentunya dengan batas sewajarnya saja. Karena apabila diberikan secara berlebihan maka efek sampingnya adalah kerontokan pada bulu Kucing.

  • Alergi

Ternyata Kucing juga bisa mengalami terhadap lingkungan yang ada disekitarnya. Dimana alergi ini juga bisa berakibat pada strees yang kemudian bulu-bulu Kucing mengalami kerontokan. Alergi ini bisa berbentuk makanan, minuman bahkan hewan-hewan yang ada disekitarnya.

  • Karena Kutu dan Jamur

Penyebab lainnya adalah kehadiran Kutu dan Jamur di kulit Kucing. Dimana kehadiran dua makhluk ini akan membuat Kucing merasakan gatal dan kulitnya panas. Hingga kemudian membuat bulu mereka pun mulai merontok.

  • Gizi Kurang

Asupan nutrisi dan gizi yang tercukupi juga salah satu syarat agar Kucing menjadi sehat. Apabila hal ini tidak didapatkan maka jangan heran apabila Kucing mulai menunjukan gejala kerontokan pada bulunya.

 

  • Suhu Yang Berubah

Hal lain yang juga patut diperhatikan adalah suhu di lingkungan dari Kucing Anggora itu sendiri. Dimana apabila suhu di sekitar sering berubah-ubah secara dratis maka hal ini bisa mempengaruhi sekaligus menjadi alasan rontoknya bulu-bulu dari Kucing tersebut.

2. Mengatasi Bulu Anggora yang Rontok

Tapi tentunya semua masalah kerontokan tersebut bisa diatasi dengan langkah-langkah yang benar seperti berikut ini:

  • Melakukan Grooming

Grooming sendiri adalah melakukan penyisiran terhadap bulu-bulu Kucing secara merata. Hal ini bisa dilakukan untuk membuang Kutu maupun Jamur yang menempel pada bulu maupun kulit Kucing. Seperti yang diketahui Kutu dan Jamur adalah penyebab dari Bulu-Bulu Kucing yang rontok. Sedangkan untuk alat Grooming sendiri bisa mempersiapkan sisir, gunting maupun sikat. Lakukanlah hal ini secara teratur untuk menjaga kebersihan bulu dan juga kulit dari Kucing Anggora yang dipelihara.

  • Pemberian Minyak Ikan

Minyak Ikan memang dianggap sebagai vitamin yang bisa mengurangi bahkan menyembuhkan kerontokan bulu yang dialami oleh Kucing. Untuk itulah, pemberian minyak Ikan pada Kucing Anggora yang mengalami kerontokan sangat disarankan. Namun tentunya Minyak Ikan tidak bisa diberikan begitu saja kepada Kucing Anggora karena pasti mereka akan menolaknya. Hal ini bisa disiasati dengan mencampurkan Minyak Ikan pada makanan utama dari Kucing Anggora sehingga secara tidak langsung Kucing mengonsumsi Minyak Ikan tersebut.

Baca Juga: 

Demikianlah informasi mengenai penyebab bulu rontok kucing, dan cara mengatasi bulu rontok kucing anggora semoga berguna dan bermanfaat.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme