Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Sistem Pencernaan Ayam dan Fungsinya

Sistem Pencernaan Ayam dan Fungsinya – Sistem pencernaan adalah dimana organ dalam dapat menerima makanan, mencerna makanan menjadi energi dan nutrien serta dapat mengeluarkan sisa makanan dari proses tersebut.

Baca: Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen

Fungsi dari sistem pencernaan adalah untuk mengambil makanan, mengelola makanan, memecah makanan dalam bentuk kecil/partikel kecil dan menyerap beberapa molekul dari dalam aliran darah. Sistem pencernaan pada hewan sangat berbeda-beda, namun pada sistem pencernaan ayam atau dikenal dengan istilah monogastrik, adalah sebagai berikut:

A. Sistem Pencernaan Ayam

Sistem pencernaan pada ayam terdiri dari:

  • Paruh (Mulut)
  • Kerongkongan (Esophagus)
  • Tembolok (Crop)
  • Proventikulus
  • Empedal (Gizzard)
  • Usus halus (Small Intestine)
  • Usus Buntu/Sekum
  • Rektum (Rectum)
  • Kloaka

B. Urutan dan Fungsi Organ Sistem Pencernaan Ayam

1.Paruh (Mulut)

Paruh adalah tempat pertama kali pakan memasukan sistem pencernaan. Ayam tidak memiliki gigi sehingga pakan pertama kali masuk dalam sistem pencernaan dengan dipatuk melalui paruh dab langsung ditelan tanpa dikunyah terlebih dahulu. Lidah pada ayam berbentuk runcing berfungsi membantu mendorong pakan kekerongkongan. Adapun kelenjar saliva diproduksi sekitar 7-30 ml perhari yang akan membantu melicinkan dan memudahkan pakan menuju kerongkongan.

2.Kerongkongan (Esophagus)

Kerongkongan adalah saluran yang membawa makanan dari mulut ke tembolok. Kerongkongan berdiameter cukup besar dibandingkan dengan mamalia agar dapat menampung pakan yang berukuran besar karena tidak dikunyah. Fungsi utama kerongkongan adalah untuk menyimpan yang bersifat elastis.

3.Tembolok (Crop)

Tembolok adalah tempat penyimpanan pakan sementara, dan tempat pelunakan pakan dengan adanya penambahan air didalam organ pencernaan tersebut.

4.Proventikulus

Lambung pada ayam terdiri dari dua macam yaitu proventikulus (lambung glandular) dan empedal (lambung muskular). Mukosa proventikulus memiliki dua kelenjar yaitu kelenjar tubular yang mengeluarkan mukus, dan kelenjar gastrik yang mengekspresikan asam klorida (HCL) dan pepsin. Mukus dieksresikan ketika memulai makan sedangkan HCL dan pepsin dieksresikan ketika paka sudah sampai kesaluran proventikulus.

5.Empedal (Gizzard)

Empadal berbentuk bulat telur dan tersusun dari serabut, otot yang padat dan kuat. Fungsi utama empedal adalah menggilling dan meremas pakan yang masih keras sehingga berukuran kecil dan meningkatkan permukaan partikel pakan. Penggilingan dan peremasan pakan di empedal terjadi karena adanya kontraksi otot empedal yang kuat.

6.Usus Halus (Small Intestine)

Usus halus adalah tempat terjadinya pemecahan nutrien dalam pakan secara enzimatis dan terjadinya penyerapan hasil pemecahan enzimatis.

7.Usus Buntu/Sekum

Usus buntu/sekum atau ceca terdapat di bagian bawah dan rectum terdapat didua bentukan yang bercabang diusus yang buntu sehingga disebut usus buntu. Didalam usus buntu terdapat pencernaan katbohidrat, protein dan absorbsi air serta sintesis vitamian A. Usus buntu fungsi untuk membantu mencerna pakan yang memikiki susuan serat kasar tinggi melalui aksi jazas renik atau mikroorganisme.

8.Usus Besar (Rectum)/Last Intestinum

Usus besar terdapat dibagian paling belakang dan berakhir dikloaka. Usus besar berfungsi sebagai reabsorbsi air untuk meningkatkan kandungan aur pada sel tubuh dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh unggas.

9.Kloaka

Kloaka adalah saluran yang membuka dan menghubungkan dengan anus dibagian akhir. Fungsi kloaka sebagai lubang pelepas sisa digesti (coprodeium), urine, feses, muara saluran reproduksi dan lubang keluar yang berhubungan dengan udara luar (vent).

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Sistem Pencernaan Ayam Beserta Fungsinya Semoga dapat berguna dan bermanfaat serta manambah wawasan anda. Terima Kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme