Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Sistem Syaraf Pada Ternak Unggas

Sistem Syaraf Pada Ternak Unggas – Sistem syaraf pada unggas sangat sama dengan syarat manusia dan juga hewan mamalia yang menyusui lainnya.

1

Susunan ini terdiri dari otak, dan juga sumsum belakang. Namun, otak unggas terdiri dari empat otak yaitu otak besar, otak kecil, otak tengah dan sumsum lainnya.

1. Serebrum ( otak besar )

Otak besar merupakan otak yang mengatur segala aktivitas. Pengaturan itu berupa kepandaian, ingatan, tingkat kesadaran, dan juga pertimbangan. Otak besar ini memberikan gerakan reflek yang sadar atau sesuai dengan keinginan. Otak besar ini memiliki warna abu-abu yang memiliki peran menerima rangsangan. Letak serebrum ini di belakang mata unggas yang memiliki struktur Immunoreakif yang terdapat telensefalon dan Diensefalon.

2. Mesensefalon ( otak tengah )

otak tengah ini terletak di bagian depan otak kecil, dan di bagian otak tengah ini terdapat talamus dan juga kelenjar hiposis yang berfungi untuk mengatur kerja kelenjar endokrin. Selain itu, otak tengah ini juga memiliki peran penting untuk mengatur reflek gerakan mata unggas berupa penyempitan pupil mata, dan pusat pendengaran unggas.

3. Otak Kecil

Otak kecil pada unggas atau burung aves ini memiliki lipatan – lipatan yang dapat menampung jumlah neuron yang sangat banyak. Selain itu, otak kecil ini berguna untuk mengatur keseimbangan pada burung saat terbang.

4. Medulla Oblongata ( Sumsum sambung )

Sumbungan sambung ini memiliki peran untuk mengantarkan impuls yang datang dari medula spinalis menuju ke otak unggas. Selain itu, sumsum ini juga dapat mempengaruhi gerakan fisiologi unggas, detak jantung, tekanan darah dan juga kecepatan pernafasan pada unggas.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Kucing ( Felis silvestris catus )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme