Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat – Tanaman tomat adalah salah satu tanaman yang masih dalam keluarga Solanaceae,  yang berasal dari Amerika Tengah yang menyebar luar diberbagai  negara terutamanya negara Indonesia.

Tanaman ini sangat banyak ditemukan, tomat adalah  tanaman yang hidup dengan siklus singkat. Dapat tumbuh dengan  ketinggian mencapai 1-3 meter, memiliki warna buah hijau, kuning dan merah yang biasanya digunakan sebagai sayuran dalam  masakan atau dikonsumsi tanpa melakukan pengelolaan terlebih dahulu.

Baca: Pengertian Kewirausahaan, Tujuan dan Ciri Kewirausahaan

Kandungan dalam  tomat sangat beragam yang sangat berguna dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan yang terkandung adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B2, B3 dan C, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, serat dan air. Selain itu, tomat juga mengandung karoten yang berguna sebagai pembentuk provitamin A dan lycoppen yang berguna mencegah kanker.

Berbicara tentang syarat tumbuh tanaman tomat memang sangat penting, dikarenakan akan menentukan pertumbuhan yang maksimal dan produktivitas yang sangat optimal. Ada beberapa syarat tumbuh tanaman tomat yang baik dan optimal yang harus diketahui sebelum menanam tanaman tomat, diantara adalah:

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

  1. Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 100-1000 mdpl. Dengan intensitas cahaya matahari dan curah hujan dengan rata-rata berkisar 100-220 mm/tahun.
  2. Tanaman tomat dapat tumbuh dengan media tanah gembur, subur, tidak berpasir, mengandung unsur hara tinggi, mengandung bahan organik dan memiliki pH normal 5-6.
  3. Tanaman tomat dapat tumbuh dengan optimal dengan suhu berkisar 17-23 derajat celcius, dan terkena intensitas matahari 10-12 jam/hari.
  4. Tanaman tomat membutuhkan aliran air dengan baik, karena buah tomat membutuhkan air sekitar 90%.
  5. Harus menjaga tanaman tomat dari kelembaban yang terlalu tinggi dan suhu yang terlalu tinggi, dikarenakan akan menyebabkan beberapa penyakit daun akan muncul.
  6. Tamanan tomat harus jauh dari pemukiman warga, limbah pabrik beracun, air tercemar dan binatang buas. Karena akan mengannggu pertumbuhan tanaman yang akan diproleh.

Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Pertumbuhan

  • Genetika
  • Hormon (Zat Tumbuh)
  • Nutrisi
  • Lingkungan/Suhu
  • Air dan Kelembaban
  • Tanah
  • Intensitas Cahaya Matahari

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Syarat Tumbuh Tanaman Tomat semoga berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme