Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Tanda-Tanda Burung Pleci Mabung dan Penanggannya

Tanda-Tanda Burung Pleci Mabung dan PenanggannyaMabung adalah salah satu siklus yang dialami berbagai macam burung secara berskala, istilah mabung diartikan sebagai mengalami kerontokan bulu dan tumbuh bulu baru, sedangkan mabung menurut kata lain adalah moulting/molting yang berhubungan dengan ngurak, ambrol/tontok dan nyulam. Namun, sebenarnya mabung ini adalah proses pertumbuhan bulu mudA atau baru setelah mengalami kerontokan bulu lama.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Manggis

Mabung ini harus segera ditangani dan dirawat, karena akan sangat mempengaruhi suara, kondisi tubuh, kesehatan dan sebagainya. Oleh karena itu berikut penjelasan artikel tentang ciri-ciri burung pleci mabung dan cara merawat/menangganinya.

Ciri-Ciri Burung Pleci Mabung

  • Burung pleci akan mengembangkan bulu-bulunya
  • Burung pleci akan gemuk, sehingga bentukny agak berbeda
  • Bulu-bulu halus akan mengalami rontok/berjatuhan
  • Tumbuhnya bulu-bulu halus berwarna putih, pada daerah leher dan bagian atas kepalanya
  • Gerakan menjadi tidak stabil/tidak beraturan.

Cara Merawat Burung Pleci Mabung

Ada beberapa perawatan/menaggani khusus agar burung pleci dalam keadaan mabung, pulih dan nyaman meskipun diluar siklus normal adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan kandang, peralatan dan air yang sudah lama dengan air yang baru
  2. Selama dalam keadaan mabung, burung pleci beri buah-buahan dengan kadar manis tinggi seperti pepaya, semanggka, pisang dan sebagainya.
  3. Selalu cek ketersediaan air agar tetap bersih
  4. Selama dalam keadaan mabung, kandang burung pleci ditutup dengan kain/kerudung kandang secara bertahap bagian atas, tengah dan bawa hingga usai masa mabung
  5. Meskipun ditutup, burung pleci tetap dimandikan secara teratur. Sebaiknya mengunakan air beras untuk membantu mempercepat dan mempercantuk bulu yang akan dihasilkan
  6. Selama mabung, burung pleci juga memerlukan asupan multivitamin sepertu Bitdvit, BirMolt-Pre (Bm-Pre) dan BirdMolt-Post (BM-Post) yang dapat membantu merontokan bulu dan mempercepat pertumbuhan bulu secara cepat dan sehat
  7. Berikan nektar buatan, baik menggunakan gula putih, gula merah, atau madu yang mengandung kadar glukosa yang tinggi
  8. Berikan juga pakan tambahan alami seperti ulat hongkong berwarna putih, ulat kandang, kroto dan jangkrik
  9. Usahan burung pleci dijauhkan dari suasana yang bising atau tempat keramaian
  10. Jika sudah dijalankan cara diatas, tunggu dan rawat setiap harinya dengan baik dengan waktu kurang lebih 1-2 bulan masa mabung akan pulih kembali dan memiliki bulu indah, halus dan menarik serta memiliki peningkatan performa suara yang bagus.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Tanda-tanda Burung Pleci Mabung dan Penanggannya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi para pecinta burung mania. Jangan lupa share dan like ya.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme