Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Tips Mudah Membuat Pakan Kelinci

Tips Mudah Membuat Pakan Kelinci – Kelinci merupakan hewan yang sangat lah populer dan banyak yang menyukainya karena lucu dan sangat lah mengemaskan . Banyak sekali yang membudidayakan hewan dan ridak hanya kelinci saja , sebagai hewan ternak yan di jadikan sumber ladang bisnis sendiri .

pakan kelinci

Sebagain besar masyarakat tidak lah mengetahui pakan yang sangat lah alternatif bagi kelinci , pakan alternatif ini bisa anda jadikan peluang usaha yang sangat lah besar karena selain anda menjual kelinci anda juga menjual pakan kelinci . Di samping itu anda bisa memproduksi apakan sendiri tanpa membeli atau mencari pakan untuk ternak kelinci anda .

Pakan pada kelinci ini sangat lah mudah yaitu Pelet yang bisa anda jadikan sebagai bahan penganti rumput , sebagian para ternak susuah mencari bahan pakan rumput karena sudah habis di arit atau di ambil peternak yang lainnya . Dengan membuat pakan ini sangat lah emnguntungkan bagi anda selaku pembisnis ternak kelinci

Memanglah harga pelet sangat lah terbilang sangat lah mahal di bandingkan dengan pakan yang lainnya , namun dengan begitu banyak sekali para peternak membuat pakan sendiri untuk kelincinya . Pelet ini sangat lah mengandung konsentrat yang sangat lah tinggi sehingga sangat lah baik untuk kesehatan kelinci anda .

Bahan yang di gunakan pelet antara lainnya

  • Bekatul
  • Tepung jagung
  • Bijian
  • Dan lainnya yang mengandung serat tinggi .

Dalam pembuatan pakan sendri , sebaiknya anda harus memperhatikan jumlha kebutuhan yang di perlukan kelinci yang berdasarkan umurnya . Untuk kelinci dewasa sekitar 100 – 140 gram , sedangkan untuk kelinci hamil 160 – 200 gram .

Namun jika untuk kelinci yang baru berumur antara 2-4 bukan yaitu kurang dari 70 gram , sebainya dalam pemberian pakan pada kelinci harus sesui dengan jadwal dan tidak lah terlalu berlebihan yang akan mengakibatkan kegemukan pada kelinci .

sedangkan alat yang di gunakan pada saat membuat pelet yaitu bak plastik yang di gunakan untuk mencampur adonan menjadi pelet , Sedangkan yang lainnya seperti sendok , panci , kompor yaitu di gunakan untuk mengiling nya menjadi satu .

cara membuat pelet sebagai penganti pakan kelinci

1.Mencampurkan semua bahan yang sudah disiapkan diatas

2.Mencampurkan dengan rata  dan tambahkan air hingga menyatu di dalam bak plastik .

3.Setelah merata  , lakukan pengukusan adonan dengan panci selama 30 menit atau sampai terjadinya perubahan warna .

4.setelah terjadinya perubahan warna dan masih panas , lakukan pencetakan adonan dengan pengilingan mie hingga membentuk adonan memanjang .

5.Kemudian gunakan oven untuk mengeringkan adonan yang sudah di bentuk tadi atau dengan menjemurnya beberapa hari , namun jika anda menjemurnya sebaiknya mengunakan alas yang bersih agar benar-benar kering , Pakan pelet kelinci bisa langsung di konsumsi .

Semoga bermanfaat bagi para ternak kelinci .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme