Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Tips Perawatan Burung Lovebird

Tips Perawatan Burung Lovebird – Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sangat populer dan tren saat ini, karena burung ini hampir menyerupai burung betet atau bayan. Yang memiliki tubuh lebih kecil dan mungil, serta burung ini memiliki beragam dan bervariasi.

fg;l

Burung ini sangat disukai karena keindahan bentuk, warna, tingkah laku dan suaranya. Jika ingin melakukan perawatan burung ini sebaiknya tentukan tujuan anda terlebih dahulu. Misalnya perawatan untuk bulu dan suara yang bagus.

Burung Lovebird berasal dari wilayah Afrika. Namun demikian, burung ini bisa beradaptasi dengan baik hampir di semua iklim. Di indonesia yang beriklim tropis dan juga tumbuh dan berkembang dengan baik. Asalkan cara merawat Lovebird dilakukan dengan baik.

Untuk melakukan perawayan lovebird adalah melakukan burung agar tetap sehat dan bugar, namun faktor lainnya yaitu faktor makro sperti iklim dan cuaca, sedangkan kondisi mikro seperti sangkar dan perlengkapannya lengkap dan jenis pakan yag diberikan burung Lovebird.

Sangkar untuk lovebird

Sangkar yag digunakan untuk lovebird harus memerlukan ruang yang sangat besar untuk mengeekspresikan gerakannya. Terdapat dua jenis sangkar untuk lovebird yaitu sasangkar berbentuk silinder dan kotak. Sangkar silinder yang memiliki diameter 30-40 cm dengan tinggi 40 cm dan sangkar kotak berukuran 25 x 35 x 40 cm.

Sangkar sebaiknya terbuat dari besi atau logam. Karena burung lovebird mempunyai kebiasanya menggigit apa yang ada disekitarnya. Apabila terbuat dari kayu dan bambumaka dikwatirkan akan cepat rusak.

Namun pembuatan sangkar harus diberikan tangkringan yang terbuat dari kayu bulat. Dalam pembuatan tagkringan sebaiknya kasar, bukan hasil bubut. Usahakan tidak terdapat bagian yang tajam untuk tangkringan.

Jenis pakan Lovebird

Pakan yang digunakan Lovebird biasanya pemakan biji-bijian. Pakan biji-bijian biasanya dapat dijumpai di pasaran bisa di berikan untuk burung ini. Sedangkan makanan yang baik dan ekstra Foodingnya berupa biji matahari, biji kedelai,  kacang merah, kacang hijau dan biji-bijian lainnya. Namun bisa juga menambahkan sayuran dan buah-buahan. Sayuran berupa kangkung, sawi , jagung muda dan sayuran lainnya. Buah-buahan yang biasanya di berikan yaitu apel, anggur, pisang , pepaya dan pir.

Lovebird sangat membutuhkan asupan minerak sperti kalsium dan mikro nutrisi lainnya. Nutrisi ini bisa didapatkan dari asinan seperti tulang sotong. Burung ini juga sangat membutuhkan multivitamin bisa di berikan sebagai makanan suplemen. Pemberian ini dilakukan dengan mencampurkan pada air minum setiap seminggu sekali.

Cara merawat lovebird

Cara merawat lovebird secara umumnya sangat tidak jauh beda dengan merawat burung lain. Berikut cara merawt lovebird ala Mas Bram.

  • Pada pagi hari pukul 7.00, burng dibawa keluar rumah dianginkan selama 30 menit. Kemudian dimandikan, disemprot mengunakan kerambah. Lalu bersihkan kandang , peroksa pakan ,ganti air dan berikan buah dan sayuran.
  • Stelah dimandikan sebaiknya dilakukan penjemuran selama 30-60 menit. Waktu penjeuran yang tepat jam 08.00-11.00 pagi. Selama penjemuran sebaiknya burung dikelompokan atau diperlihatkan burung sejenis lain.
  • Setlah dijemur, gantungkan diteras rumahdan aginkan kembali 10 menit. Ganti air minum, karena air yang telah dijemur sinar matahari kualitasnya tidak bagus. Kemudian tutup kandang dan bawa burung masuk.
  • Dari pukul 11.00 hingga menjelang sore, burung boleh diperdengarkan suara-suara master.
  • Di sore harinya, sekitar pukul 15.30 bawa burung keluar untuk dianginkan selama satu jam, lakukan pengontrolan pakan dan air minum . Berikan tambahan sayur dan buah segar.
  • Setelah lewat jam 18.00 burung di masukan kandang kembali dengan dikerodong. Bisa juga diperdengarkan suara master hingga pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme