10 Cara Ternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur Bagi Pemula

Diposting pada

 10 Cara Ternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur Bagi Pemula –  Burung lovebird adalah salah satu jenis burung yang paling banyak di minati orang untuk di pelihara. Selain memiliki bentuk badan yang sangat cantik dan indah, burung ini juga banyak di pelihara karena memiliki kicauan yang sangat bagus. Apabila anda masih pemula dan belum pernah beternak burung lovebird, perlu di ketahui pastinya kamu akan membutuhkan seseorang yang mahir dalam beternak burung lovebird tersebut.

Baca: Cara Memilih Bakalan Anakan Pleci Yang Bagus dan Berkualitas

Namun, hal tersebut sangat membutuhkan biaya yang cukup besar. Maka dalam artikel berikut, kami akan membantu anda untuk beternak lovebird yang  dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat sehingga menghasilkan banyak anakan sesuai dengan keinginan anda. Berikut 10 cara ternak lovebird agar cepat bertelur bagi pemula.

Cara Beternak Loverbird Agar Cepat Bertelur

1. Memilih Indukan Lovebird

Pilihlah indukan yang bagus, dan berkualitas sehingga keturunan yang akan di hasilkan akan menurun ke anakan yang akan di hasilkan. Pilihlah indukan yang sehat, tidak abnomalitas, gerakan aktif, nafsu makan meningkat dan reproduksi yang di hasilkan bagus.

2. Pilihlah Indukan yang siap untuk di kawinkan.

Jika ingin menghasilkan telur dengan cepat, pilihlah indukan lovebird yang sudah siap untuk di kawinkan. Sehingga kamu tidak akan menunggu dalam jangka waktu yang lama. Indukan lovebird yag siap untuk di kawinkan. Indukan idealnya berumur 1 tahun.

3. Membuat Kandang

Kandang yang baik untuk mengawinkan atau menjodohkan lovebird adalah berukuran 50 cm x 100 cm x 50 cm atau kandang yang di jual.

4. Membuat tempat telur lovebird

Membuat sangkar atau tempat telur biasanya di sebut dengan glodok. Glodok dapat di buat dengan menggunakan bahan kayu, dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm atau lebih dan di beri ijuk atau jerami agar nyaman saat mengerami telur.

5. Mempersiapkan makanan agar burung lovebird cepat bertelur

Makanan yang dapat membantu agar burung lovebird cepat bertelur harus banyak mengandung vitamin dan mineral, misalnya seperti biji sawi, jagung muda, kangkung, tauge, kuace, jangkrik dan lainnya yang dapat di temukan di toko burung.

6. Mengawinkan Lovebird

Masukan lovebird jantan dan betina yang sudah di pilih serta siap untuk di kawinkan kedalam kandang yang sudah d itentukan. Tunggu hingga beberapa hari, dan lakukan pengamatan. Bila saling mengejar maka proses perkawinan sudah di mulai. Lalu biarkan hingga lovebird bertelur.

7. Memisahkan Lovebird jantan saar pengeraman telur

Pemisahan ini harus di lakukan, di karenakan indukan jantan akan menganggu pengeraman indukan betina. Selain itu, anda juga bisa menjodohkan indukan jantan tersebut ke betina lainnya.

8. Memberikan makanan bergizi saat proses pengeraman telur.

Dalam masa ini anda bisa menambahkan makanan berupa pelet yang dicampurkan dengan bubur bayi, atau pakan tambahan lainnya yang dapatkan di toko terdekat.

9. Memisahkan Indukan Betina Ketika Sudah Menetaskan telur.

Memisahkan indukan betina setelah menetas di perkirakan ketika anakan lovebird sudah memasukan hari ke-10 atau 2 mingguan. Bertujuan agar indukan betina tidak memakan atau menyakiti anakan burung lovebird tersebut.

10. Memeliharan Anakan

Setelah di pisahkan anakan lovebird, lakukan pemiliharan di kandang tertentu dengan memberikan makan 2 kali dalam sehari, dengan makanan berupa telur rebus kuningnya saja, atau pelet yang di hancurkan. Di berikan dengan cara di suapkan. Pemeliharaan harus di lakukan dengan tepat dan selalu menjaga kebersihan kandang, untuk menghindari gangguan penyakit pada anakan burung lovebird.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang 10 Cara Ternak Burung Lovebird Agar Bertelur Dengan Cepat Bagi Pemula. Semoga dapat berguna dan bermanfaat. Jangan lupa share bila bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.