8 Cara Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina

Diposting pada

Ikan komet merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sering di Jumpai di pasar domestik Indonesia. Ikan ini memiliki nama latin Carassius auratus, memiliki corak dan warna khas meraik sehingga banyak di sukai masyarakat. Ikan hias ini sangat gampang di pelihara baik di akuarium, aquascape, dan kolam bak.

Ikan komet

Baca: 7 Cara Membedakan Ikan Louhan jantan dan betina 

Banyaknya yang suka dengan tampilan dari ikan komet dan juga pemeliharaan an1 hingga banyak pemula yang ingin membudidayakan ataupun memelihara ikan komet ini titik namun Sebagian besar masyarakat kesulitan cara membedakan ikan komet jantan dan betina saat berukuran sangat kecil atau benih. Berikut ini akan di bahas cara membedakan ikan komet jantan dan betina dengan mudah walaupun tidak 100% akurat.

Cara Membedakan Ikan Komet Jantan dan Betina

1.Organ reproduksi (Alat kelamin)

Cara ini bisa kalian lakukan ketika ikan komet sudah berumur sekitar 3 atau 4 minggu atau memiliki ukuran 2-3 cm Ikan langsung bisa di amati secara langsung.

Organ reproduksi ikan betina itu berbentuk seperti huruf u dan bulat mengarah ke kepala atau depan.  Sementara ikan komet jantan memiliki bentuk alat kelamin atau meruncing ke arah bagian ekor.

2.Ukuran tubuh

Ikan komet jantan memiliki tubuh lebih panjang dan ramping sementara ikan betina memiliki bentuk tubuh besar, melebar dan tampak gemuk. Hal ini harus di amati dengan teliti bila ukuran ikan komet masih kecil/benih.

3.Warna tubuh

Untuk dapat membedakan ikan komet jantan dan betina lebih akurat berdasarkan corak warna/warnanya. Ikan komet jantan memiliki warna lebih cerah dan kontras di bandingkan dengan ikan betina yang pudar dan tidak terlalu mencolok.

4.Tampilan Sirip Ikan Komet

Bagian sirip pada ikan komet jantan ini memiliki benjolan seperti bintik-bintik dan permukaan kasar. Jika di bandingkan dengan ikan komet betina itu tidak memiliki benjolan atau bintik-bintik di sirip serta permukaan lebih halus.

5.Bagian Ekor Ikan Komet

Ekor pada ikan jantan lebih panjang dan akan terlihat lebih menjuntai sementara untuk ekor yang betina itu lebih pendek dan tidak menjuntai. Hal ini harus di lakukan dengan teliti agar dapat menentukan jantan dan betina ikan komet berdasarkan tampilan ekor.

6.Mengeluarkan Cairan dari kelamin

Cara ini memang sangat efektif apabila umur ikan sudah besar atau dewasa dengan cara menekan bagian perut bawah dekat dengan daerah kelamin atau memijat bagian perutnya. jika di lakukan pemijatan maka daerah kelamin akan mengeluarkan cairan dan cairan tersebut berwarna putih itu artinya ikan komet jantan sementara sebaliknya jika yang keluar telur berarti ikan komet betina.

7. Bentuk dubur pada ikan komet

Dubur pada ikan jantan itu berbentuk lonjong sementara pada ikan betina itu berbentuk bulat. Bila ikan masih berukuran kecil sebaiknya lakukan perawaban permukaan daerah dubur agar lebih akurat dalam menentukan jantan dan betina.

8.Tingkah laku ikan komet

Terakhir tingkah laku ikan komet jantan lebih agresif, responsif  dan memiliki pergerakan yang sangat cepat jika di bandingkan dengan ikan komet betina memiliki pergerakan lambat, kurang agresif, dan lebih santai.

Baca: 17 Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.