Cara Mengobati Bulu Rontok Pada Kambing

Diposting pada

Bulu rontok pada kambing adalah salah satu kasus yang banyak terjadi dalam beternak kambing, sebagian peternakan kesulitan untuk mengatasi  penyakit tersebut.  Kerontokan bulu kambing mengakibatkan tingkat produktivitas kambing menurun, baik produktivitas susu, daging dan bahkan mengakibatkan kambing mudah mati mendadak.

Bulu rontok pada kambingBaca: Ciri-Ciri DOC Ayam Yang Baik dan Berkualitas

Dalam mengatasi kasus tersebut, peternak harus terlebih dahulu mengetahui selok beluk penyebab penyakit tersebut. Sehingga dapat pula mengatasi dan mengobati bulu rontok pada kambing tersebut.

Penyebab Bulu Rontok Kambing

  • Bisa di sebabkan oleh gangguan jamur dan parasit, penularan melalui makanan, air susu induk dan sentuhan dengan ternak lainnya. Parasit tersebut seperti Haemanchus contortus (cacing jenis pemotong).
  • Bisa di sebabkan oleh hormon dalam tubuh yang tidak stabil, misalnya terjadinya gagal kawin, pemotongan alat reproduksi jantan dan sebagainya.
  • Bisa di sebabkan karena ternak stres dan trauma, sehingga akan mengosokan badannya ke tembok/dinding yang akan mengakibatkan rontok pada kambing
  • Bisa di sebabkan oleh perubahan suhu lingkungan dan perubahan cuaca.
  • Bisa di sebabkan efesiensi/kekurangan pemberian vitamin dan mineral.

Cara Mengatasi Rontok Bulu Kambing

  1. Pisahkan kambing yang mengalami penyakit tersebut di kandang tertentu.
  2. Berikan lah jamu berupa gula merah ¼ dicampur dengan asam jawa secukupnya. Lakukan pencekokan/diminumkan pada kambing 1 kali dalam seminggu (jika mengalami stres)
  3. Atau juga bisa memberikan madu ¼ dicampurkan dengan kuning telur 1 butir, dan diminumkan 1 kali dalam seminggu (jika mengalami stres).
  4. Bisa juga menyuntikan dengan obat suntik neurobion atau vitamin B komplek.
  5. Memberikan pakan tambahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral.
  6. Bila rontok bulu kambing di sebabkan penyakit parasit atau jamur, seperti kurap dan kudis. Bisa diberikan obat antiseptik, memandikannya dengan sabun antiseptik, lalu gosokan belerang, kunyit dan minyak kelapa yang sudah dipanaskan selama 2 hari sekali.
  7. Atau juga bisa memberikan oli bekas, dan obat salep yang digunakan manusia.
  8. Dan lakukan perawatan kambing dengan baik dan benar, seperti menjaga kebersihan kandang, tempat pakan, pergantian air dan pakan dengan nutrisi tinggi.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.