Cara Mengatasi HP Xiaomi Mode Fastboot Semua Tipe

Diposting pada

Tidak sengaja menempatkan HP Xiaomi mode fastboot merupakan sebuah hal yang bisa saja terjadi. Sebenarnya mode ini sudah disembunyikan oleh pihak Xiaomi. Walaupun demikian tetap ada kemungkinan bisa di akses, baik secara sengaja maupun tidak.

HP Xiaomi Mode Fastboot

Fastboot adalah sebuah mode recovery yang mempunyai fungsi memperbaiki sistem saat sedang mengalami kerusakan. Tapi, ketika ponsel dalam kondisi normal, mode ini tentu saja tidak diperlukan.

Apalagi mengingat fitur satu ini tidak biasa di akses oleh pengguna awam. Bagi Anda yang bingung mengatasi HP Xiaomi mengalami mode ini, simak pembahasan berikut. Sebelum itu, pahami terlebih dahulu penyebab Xiaomi muncul fastboot.

Berbagai Penyebab HP Xiaomi Mengalami Fastboot

Terdapat banyak penyebab HP Xiaomi mode fastboot. Salah satu penyebab paling sering dilakukan adalah ketika menekan tombol volume bagian bawah saat ponsel baru saja dinyalakan. Bila tidak ingin ponsel dalam mode ini, hindari melakukan aktivitas tersebut.

Penyebab berikutnya, sistem mengalami error atau istilah lainnya firmware. Dalam kondisi ini sistem tidak bisa dimuat dengan sempurna. Masalah kelistrikan saat sedang mengisikan daya atau pemakaian charger tidak sesuai juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Penyebab terakhir, secara tidak sengaja menekan tombol booting Xiaomi. Bila memang sedang tidak membutuhkan mode ini, sebaiknya hindari melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan fastboot terjadi.

Beragam Cara Mengatasi HP Xiaomi Mode Fastboot untuk Semua Tipe

Bila sudah terlanjur masuk ke mode ini, bagaimana cara keluarnya? Jadi, pertanyaan ini biasanya diajukan oleh pengguna HP Xiaomi awam yang secara sengaja maupun tidak membuat ponselnya dalam mode fastboot. Beragam cara untuk semua tipe yang bisa Anda terapkan meliputi:

1. Kombinasi Tombol Power serta Volume

Cara mengatasi HP Xiaomi mode fastboot pertama, mengombinasikan penggunaan tombol power dan volume. Langkah-langkah keluar dari mode fastboot dengan memanfaatkan kombinasi kedua tombol ini meliputi:

  • Setelah menekan tombol power serta volume bawah secara bersamaan, tunggu hingga proses restart berjalan.
  • Lepaskan tombol bila sudah muncul logo MI.
  • Kemudian, tunggu sampai proses loading sistem selesai.
  • Sekarang, HP Xiaomi Anda sudah bisa masuk ke sistem secara normal seperti sedia kala.

Selain metode tersebut, Anda juga bisa menambahkan volume atas. Jika di kombinasi yang dilakukan berupa tombol power, volume bawah dan volume atas. Caranya, tekan tombol power selama durasi waktu 8 hingga 10 detik.

Kemudian, tunggu hingga ponsel mati selama beberapa saat. Setelah itu, nyalakan kembali ponsel seperti biasa. Sekarang HP Xiaomi mode fastboot akan secara otomatis hilang.

2. Memakai Perintah CMD

Cara selanjutnya, Anda bisa memakai perintah CMD atau Command Prompt dengan memanfaatkan komputer. langkah- langkah yang harus di persiapkan terlebih dahulu.

Antara lain laptop atau komputer minimal OS Windows 7, kabel data USB sebagai penghubung ponsel dengan komputeryang sudah menginstal data driver ADB. kemudian aktifkan debugging di HP Xiaomi

Langkah awal mengatasi HP Xiaomi mode fastboot memakai CMD yaitu dengan mengekstrak file ADB, disarankan diletakkan pada drive C. Tata cara selanjutnya sebagai berikut:

  • Masuklah ke bagian folder fastboot, lalu hubungkan dengan ponsel memakai kabel data.
  • Pada folder ADB, klik kanan, lalu tekan Open Command Windows Here.
  • Command Prompt akan muncul, tuliskan fastboot devices, lalu klik Enter.
  • Tuliskan perintah fastboot reboot, lalu klik Enter.
  • Sekarang Anda tinggal menunggu proses restart selesai.

Ada lagi cara lain yaitu dengan melepaskan baterai ponsel, lalu memasangnya kembali. Dari beberapa cara mengatasi fastboot tersebut, bisa Anda coba dari yang paling mudah, hingga sedikit rumit.

Baca: Cara Mematikan Adblock di Chrome Android dan PC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.