Ikan Sapu sapu – Klasifikasi, Morfologi, Habitat dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Klasifikasi Ikan sapu sapu merupakan salah satu jenis ikan yang termasuk dalam Invasif spesies yaitu dapat menjadi predator maupun kompetitor terhadap spesies asli. Ikan ini juga di kenal dengan sebutan Janitor fish atau ikan pembersih karena memakan Alga yang berada di dasar perairan.

ikan sapu sapu

Baca: 8 Jenis Jenis Itik Petelur Berkualitas dan Unggulan

Penyebaran ikan ini berasal dari negara Amerika Latin Kemudian ke berbagai negara tropis seperti Indonesia, Malaysia,  Philipina melalui kolektor ikan hias. ikan sapu-sapu di perkenalkan pertama kali melalui kolektok  ikan hias akuarium. Habitat aslinya ikan ini mendiami di perairan dangkal harus lambat, dasar perairan yang di tandai dengan bebatuan.

Ikan ini Memiliki nama latin Pterygoplichtys pardalis Merupakan ikan omnivora yang dapat memakan Alga, protozoa, mikro fungi, zat-zat organik dan mikroba lain.

Klasifikasi Ikan Sapu sapu 

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Subfilum: Vertebrata

Superkelas: Osteichthyes

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Siluformes

Famili: Loricariidae

Subfamili: Hypostominae

Genus: Pterygoplichthys

Spesies: Pterygoplichthys pardalis

Morfologi Ikan Sapu sapu 

Ikan sapu-sapu memiliki tubuh yang dorsal-central, Badannya tertutup oleh sisik keras kecuali pada bagian ventral yang tidak tertutup sisik. Sirip punggung berjumlah 9 atau lebih dengan tulang kuat dan mencuat. Pertumbuhan ikan ini dapat mencapai 35-40 cm bahkan lebih dalam waktu dua ta

Ikan ini Memiliki lambung semu yang berarti makanan lebih banyak di cerna di usus mencapai 6 kali wi-fi panjang  tubuhnya. Ikan ini memiliki corak bintik-bintik di sepanjang tubuhnya yang dapat di jadikan pembeda antar spesies.  Pterygoplichthys pardalis  memiliki corak tubuh bintik-bintik sengankan spesies lain umumnya di temukan di perairan Asia.  Pterygoplichthys disjunctivus  memiliki corak tubuh melengkung.

Habitat Ikan Sapu sapu 

Ikan ini berhabitat di pada perairan hangat,beberapa spesies juga dapat bertahan hidup pada kandungan Oksigen yang rendah. Ikan ini juga dapat hidup secara optimal di perairan tropis dengan kisaran PH 7-7,5 dan suhu antara 23-28 derajat Celcius. Di Indonesia habitat ikan ini dapat di temukan di sungai Ciliwung.

Jenis Jenis Ikan Sapu sapu 

Ada beberapa jenis ikan sapu-sapu hias yang banyak diminati oleh masyarakat.

1. Ikan sapu sapu Bristelnose pleco

Jenis ikan ini berasal dari Amerika Selatan dan dapat hidup dalam PH 5,8 sampai 7,8 titik warna coklat abu-abu atau hijau dengan bintik-bintik putih di bagian tubuhnya. pertumbuhan ikan ini sampai 10 cm hingga 11, 8 cm.

2. Ikan sapu sapu Baryancistrus sp

Ikan ini berasal dari Amerika Selatan dan dapat ditemukan di sungai yang mengalir atau Lembah Amazon, panjang dapat mencapai 30 trip 35 cm dan lebih aktif pada malam hari titik ikan ini memiliki ciri-ciri tubuh hitam polkadot serta di bagian Street berwarna kuning di sekitar tubuh.

3. Ikan sapu sapu Acabthicus adonis

Ikan ini Lebih dikenal dengan lele baja karena kulitnya lebih keras dibandingkan ikan sapu-sapu lainnya dan tampilannya seperti lele. ikan ini dapat tumbuh baik dengan ukuran 1 – 3 m. Cirinya berwarna hitam atau coklat dengan bintik-bintik putih di sekelilingnya.

4. Ikan sapu sapu Tiger Plecostomus

Jenis ikan ini sangat banyak ditemukan karena banyak yang meminati, bentuk dan corak warna seperti macan. Ikan ini dapat tunggu sekitar 10 cm -12 cm.

5. Ikan Sapu sapu Green phantom pleco

Ikan ini justru memiliki warna dengan pola bintik hijau pada tubuhnya sehingga membuat penampilannya lebih mencolok. Adapun beberapa jenis ikan ini memiliki tubuh Dominan warna gelap ataupun kehitaman.

6. Ikan sapu sapu Snowball pleco

Jenis ikan hias ini sangat mudah di kenali karena memiliki bintik-bintik bulat besar berwarna putih di seluruh tubuhnya. Jika di bandingkan dengan spesies lain ikan sangat mudah dikenal, namun ikan ini sangat agresif dan predator sehingga tidak cocok untuk di campurkan dengan jenis ikan lainnya.

7. Ikan sapu sapu Blue Phantom pleco

Jenis ikan sapu-sapu hias ini berasal dari Amerika Selatan. Ciri khas dari ikan ini tubuhnya berwarna biru gelap dengan sedikit pola bintik-bintik pada bagian tubuhnya. pertumbuhan ikan ini mencapai 15 cm-17 cm.

8. Ikan sapu sapu Golden royal line

Jenis ikan ini banyak ditemukan di Amerika Selatan tepatnnya di Venezuela. Ciri khas ikan ini memiliki tubuh berwarna kehitaman dengan garis-garis berwarna berwarna keemaasan pada tubuhnya.

9. Ikan sapu sapu Hypancistrus zebra

Jenis ikan ini hias ini corak hitam putih seperi zebra. Ikan ini banyak di minati oleh masyarakat Amerika selatan atau bahkan di Indonesia sehingga memiliki harga jual sangat tinggi.

10. Ikan sapu sapu Xingu baryncistrus

Jenis ikan ini berasal dari Brazil tepatnya di Rio Xingu. Ciri khas Dari ikan ini berwarna kehitaman pekat dengan corak kuning pada ujung ekor dan sirip serta memiliki pola bintik-bintik yang kontras yang ada pada tubuhnya. ikan ini dapat tumbuh dengan ukuran mencapai 15 cm –  20 cm.

Baca: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Susu Kambing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.