Ikan Sidat : Klasifikasi, Ciri Morfologi, Jenis-Jenis dan Habitatnya

Diposting pada

Klasifikasi Ikan sidat merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam famili Anguillidae yang hidup di dua jenis perairan yaitu air sunga dan air tawar. Hewan ini memiliki banyak nama daerah seperti ikan moa, Ikan uling, ikan pelus dan ikan larak.

Klasifikasi sidat

Ikan ini saat ini sudah ditemukan sekitar 18 spesies di dunia yang tersebar di Indo Pasifik, Atlantik dan Oseania. di Indonesia memiliki 7 jenis ikan sidat yang di kelompokan menjadi dua kelompok yaitu ikan sidat bersirip punggung pendek dan bersirip punggung panjang.

Baca: 13 Ciri-Ciri Kucing Sakit dan Cara Mengatasinya

Kelompok bersirip pendek di antaranya; Anguilla bicolor dan Anguilla bicolor pacifica, sedangkan punggung bersirip panjang di antaranya; Anguilla marmota, Anguilla borneoensis, Anguilla celebsensis, Anguilla megastoma dan Anguilla interioris.

Klasifikasi Ikan Sidat 

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Anguilliformes

Famili: Anguillidae

Genus: Anguilla

Spesies: Anguilla sp

Morfologi Ikan Sidat

Tubuh Ikan sidat memanjang dan dilapisi oleh sisik kecil berbentuk memanjang. Susunan Fisiknya berbentuk pola mozaik mirip anyaman bilik. sirip di bagian anus menyatu dan berbentuk seperti jari-jari yang terlihat lemah. sirip dadanya terdiri atas 14-18 jari-jari sirip.

Bagian punggung tidak berwarna coklat kehitaman, perutnya berwarna kuning hingga perak. pergerakan hewan ini terbantu dengan lendir yang dilapisi tubuhnya.

Ukuran tunggu Sidat bervariasi, pada waktu kecil panjang tubuhnya hanya beberapa milimeter saja. Akan tetapi, sidat dewasa dapat  mencapai panjang 160 cm dengan garis kurang 7,5 cm. Meskipun banyak konsumen yang menyukainya hanya berukuran 40 cm – 60 cm.

Jenis Jenis Ikan Sidat 

Ada beberapa sidat yang terkenal di Indonesia.

1. Anguilla bicolor

Memiliki ciri-ciri dengan kulit halus warna coklat dan abu-abu serta di bagian punggungnya terdapat warna kehijauan dan perut berwarna putih.

2. Anguilla bicolor pacifica

Memiliki ciri-ciri dengan kulit warna merah bata dan kecoklatan serta bagian punggungnya terdapat garis berwarna agak hijau dan perut berwarna putih.

3. Anguilla celebsensis

Memiliki ciri ciri dengan kulit berwarna agak putih terdapat bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya.

4. Anguilla megastoma

Memiliki ciri ciri dengan warna kulit coklat dan permukaan kuliat tampak tidak merata. Bentuk belut lebih besar di bandingkan dengan jenis lainnya.

  • Anguilla interioris
  • Anguilla borneoensis
  •  Anguilla marmota

Habitat Ikan Sidat

Ikan sidat mampu hidup di dua jenis perairan yaitu air tawar dan air asin. Namun siklus hidup Sidat banyak terdapat di perairan air tawar. pada fase Larva hingga dewasa banyak ditemukan di sungai, Sedangkan pada fase siap kawin atau gonad tidak akan menuju ke perairan untuk melakukan reproduksi. Pada fase anakan akan Kembali menuju ke hulu melalui muara sungai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.