Klasifikasi dan Morfologi Bunga Asoka

Diposting pada

Klasifikasi Bunga asoka merupakan salah satu jenis tanaman hias Yang banyak ditemukan dan dimanfaatkan sebagai pagaran rumah atau tepi atau pinggiran rumah sebagai pagar tanaman hias.

Klasifikasi bunga asoka

Bunga asoka ini dikenal dengan sebutan Soka atau masyarakat juga menyebutnya kembang jarum. Pada umumnya bunga soka ini memiliki bentuk seperti jarum memiliki warna merah, orangye,  atau kuning yang bergerombol pada satu tangkai dengan ujung bunga yang menyerupai bintang.

Bentuk bintang Pada tanaman ini terdiri dari empat mahkota bunga di setiap jarumnya.

Baca: Pengertian Arthropoda, Ciri-Ciri dan Klasifikasi Arthropoda

Klasifikasi Bunga Asoka

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Subdivisi: Angiospermae

Kelas: Dycotyledonae

Ordo: Rubiales

Famili: Rubiales

Genus: Ixora

Spesias: Ixora cocinae L.

Morfologi Bunga Asoka

1. Akar

Akar tanaman bunga asoka memiliki akar tunggang di bagian dalam  dan aku bercabang serta akar halus berserabut menyebar ke semua arah di permukaan tanah. jangkauan perakaran tanah mencapai kedalaman 100 cm atau lebih dan an-nasr adalah pisan tanah sedalam 30 cm sampai 40 cm.

2. Batang

Batang tanaman ini berkayu keras, lentur dan tumbuh dengan ketinggian mencapai 30 cm sampai  70 cm dan bahkan sampai 3 meter lebih tergantung dengan jenis bunga asoka.  Bila pertumbuhan kurang dari 3 m di sebut dengan Soka Mini. Pada bagian batang juga memiliki percabangan Yang rapat dengan ketinggian 5 cm dari permukaan tanah hingga ke bagian ujung tanaman.

3. Daun

Daun pada tanaman bunga soka memiliki bentuk lonjong, lebar  dan  memiliki bentuk daun kecil dan juga bentuknya keriting.  Bagian atau letak daun berpasangan dan tumbuh pada setiap cabang maupun ranting. Pada umumnya memiliki warna hijau, sampai ke Kuningan tergantung dengan spesies ataupun jenis bunga soka.

4. Bunga

Bunga asoka memiliki bentuk seperti jarum yang berkelompok atau bergerombolan berwarna merah, oranye  atau kekuningan titik tumbuh pada ketiak daun ataupun di percabangan dekat daun.

Tanaman ini memiliki bunga dengan kelamin jantan maupun betina di dalam satu bunga, bunga ini di sebut dengan bunga lengkap. Sehingga dalam satu kuntum bunga  besar  kemungkinan melakukan pembuahan sendiri.

Pembuahan ini sebenarnya tidak akan mudah terjadi pada tanaman Soka, di sebabkan karena masaknya tepung Sari dan putik tidak terjadi pada saat yang sama.

Masa kesuburan serbuk hanya berlangsung pada pagi hari pukul  08.00 sampai 10.00,  sedangkan putik sudah masak sehari sebelumnya. Penyerbukan pada bunga asoka ini akan berhasil melalui bantuan dan angin dan serangga.

Manfaat Bunga Asoka

Bunga asoka memiliki Kandungan antara lain: zat besi, saponin, flavonoid, hematoksilin, dan zat-zat lainnya yang dapat berguna dan  bermanfaat untuk kesehatan atau mengobati beberapa penyakit.

Manfaatnya antara lain: Masalah ginekologis, mengobatin siklus menstruasi yang tidak stabil, keputihan, kista, fibroid, dismenorea, dan amenorea. Dapat juga mengobati diabetes, infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri, pendarahan internal, Infeksi cacing, diare dan batu ginjal

Kesimpulan

klasifikasi tanaman bunga asoka ini memiliki nama Latin Ixora cocinae L., yang satu famili dengan Rubiaceae. Bunga asoka juga memiliki morfologi yang di lihat dari akar, batang, daun,  bunga dan sebagainya. Sedangkan untuk manfaat kandungan dari bunga asoka ini sangat beragam untuk kesehatan atau untuk mengatasi beberapa penyakit yang ada di dalam tubuh. Tetapi harus di lakukan riset ataupun pengolahan yang tepat supaya menghasilkan suatu herbal yang baik untuk mengatasi beberapa penyakit tersebut.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.