Klasifikasi dan Morfologi Jeruk Nipis

Diposting pada

Berikut ini ini adalah penjelasan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki nama Latin  Citrus aurantifolia merupakan Salah satu tanaman yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit dan juga menjaga kesehatan. Jeruk nipis berasal dari Asia dan yang memiliki tingkat pertumbuhan sangat cepat terutamanya pada iklim tropis.

Klasifikasi jeruk nipis

Selain itu juga jeruk nipis ini memiliki kandungan garam 10% dan tingkat kesuburan tanah dengan kemiringan 30%.  sehingga nipis banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal dan juga pertumbuhan nipis ini ini sangatlah cepat dibandingkan dengan tumbuhan yang lainnya.

 klasifikasi Jeruk Nipis

 Kingdom: Plantae

 Divisio:  Spermatophyta

 Super divisio:  Angiospermae

Kelas:  Dicotyledonae

Ordo:  Rutales

Famili: Rutaceae

Genus:   Citrus

Spesies: Citrus aurantifolia

Morfologi Jeruk nipis

1. Akar

Memiliki yang Tunggang dengan tumbuh ke bawah dan memiliki pola yang bercabang-cabang kecil atau memiliki akar yang serabut. Pada bagian ujung tanaman jeruk nipis memiliki sel-sel muda yang membelah dan merupakan titik tumbuh akar jeruk  nipis.

2. Batang 

Batangnya jeruk nipis  tergolong ke dalam batang berkayu  keras dan kuat,  batangnya  berbentuk bulat, Berduri, kaku dan tajam. Tumbuhan batang tegak lurus ke atas dan bagian ujungnya membengkok ke bawah. sedangkan percabangan batang  monopodiall atau batang tampak jelas. Karena batang tampak jelas dan juga besar.

3. Daun

Daun berbentuk Jorong, dengan bagian pangkal bulat, ujung tumpul Permukaan atas berwarna hijau tua mengkilat dan permukaan bawah Warna hijau muda. 

Daging daun seperti kertas dengan panjang 2,5 sampai 9 cm lebar 2,5 cm , sedangkan bagian tulang daun berbentuk menyirip dan tangkai bersayap warna hijau dengan lebar 5 sampai 25 mm.

4. Buah

Buah jeruk nipis berbentuk bulat berwarna kuning jika sudah tua atau masa dan berwarna hijau ketika masih muda, dengan diameter 3,5 sampai 5 cm. Pada bagian kulit jeruk nipis mengandung minyak atsiri memiliki rasa yang sangat pahit.

5. Bunga 

Bunga jeruk nipis berwarna agak kemerahan dan juga keunguan, biasanya memiliki bau yang sangat harum dan mengandung nektar. Tumbuh di bagian ketiak daun atau di dibagian pucuk ranting-ranting.

Adapun beberapa manfaat jeruk nipis  yaitu penambah nafsu makan, obat diare antibakteri, antiinflamasi, antipireutik, dan untuk diet juga bisa. 

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.